Efektivitas Metode Belajar Sistim Terbuka dalam Pendidikan Taman Kanak-Kanak: Studi Kasus di TK Ebenhaezar Manado 1983

Sinsuw, Lemuel Adriani (1984) Efektivitas Metode Belajar Sistim Terbuka dalam Pendidikan Taman Kanak-Kanak: Studi Kasus di TK Ebenhaezar Manado 1983. Doctoral thesis, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta.

[img]
Preview
Text
00643.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dalam bentuk studi kasus di TK Ebenhaezar Manado. Masalah yang diselidiki ialah apakah metoda b~lajar sistim terbuka lebih baik pengaruhnya terhadap peningkatan taraf siap belajar anak usia prasekolah, dibandingkan dengan pengaruh metode belajar sistim konvensional, ditinjau dari sudut kemampuan dasar anak melalui komunikasi verbal, komunikasi visual, dan komunikasi motorik. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini ada dua, yaitu metode belajar sistim terbuka lawan metode belajar sistim konvensional ditinjau dari sudut : (l) Hasil prestasi belajar murid melalui komunikasi verbal, komunikasi visual,dan komunikasi motorik; dan (2) Penilaian cara konvensional yang diterapkan pacta murid yang belajar dengan sistim terbuka. Hipotesis pertama menduga bahwu metoda belajar sistim terbuka lebih baik pengaruhnya terhadap peningkatan taraf siap belajar murid TK, dibandingkan dengan metode belajar sistim konvensional, jika diukur dari sudut kemampuan komunikasi murid dalam bentuk verbal, visual, dan motorik. Hipotesis kedua menduga bahwa cara penilaian konvensional yang diterapkan pada murid TK yang belajar dengan sistim terbuka lebih baik hasilnya jika dibandingkan dengan murid TK yang belajar dengan sistim konvensional. Populasi penelitian ialah murid-murid TK Ebenhaezar Manado, yang terdiri dari murid kelas B (usia 4 tahun keatas) sebanyak 70 anak dan murid kelas C (usia 5 tahun keatas) sebanyak 70 anak. Cara pengambilan sampel yang digunakan ialah dengan cara acak, sehingga untuk tiap kelas dibentuk kelas eksperimen dengan 35 murid dan kelas kontrol dengan 35 murid. Pengambilan data untuk mendapatkan skor variabel-variabel penelitian dilakukan dengan menggunakan perangkat instrumen untuk mengukur kemampuan murid TK dalam hal komunikasi verbal, komunikasi visual, dan komunikasi motorik. Kemudian diterapkan cara penilaian konvensional pada kelas eksperimen yang belajar dengan sistim terbuka. Teknik analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis ialah Tes U Mann-Whitney. Kesimpulan penelitian menunjukkan, bahwa hipotesis pertama dan kedua teruji secara signifikan. Ini berarti, bahwa metoda belajar sistim terbuka, secara keseluruhan hasilnya lebih baik dari metode belajar sistim konvensional baik ditinjau dari kesiapan belajar maupun prestasi belajar menurut kriteria penilaian konvensional. Berdasarkan penelitian ini yang masih bersifat kasus, disarankan untuk dilakukan penelitian yang lebih luas untuk menguji efektivitas metode sistim terbuka untuk implementasi yang diterapkan secara nasional.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information (ID): 00643.pdf = 40075
Uncontrolled Keywords: Open System Learning, Kindergarten Education, Pembelajaran Sistem Terbuka, Pendidikan Taman Kanak-kanak
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School (Pendidikan Pra Sekolah)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Disertasi
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Feb 2018 04:15
Last Modified: 25 Oct 2018 06:51
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7237

Actions (login required)

View Item View Item