Sri, Utami (2016) Pengaruh Partisipasi Masyarakat Dan Kinerja Aparatur Pemerintah Terhadap Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nunukan). Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42904.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Dalam memberikan pelayanan KTP elektronik diperlukan keterampilan dan keahlian petugas layanan, sarana dan prasarana yang mendukung serta kesadaran masyarakat itu sendiri sehingga program yang telah ditetapkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nunukan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Guna mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dengan proses kuantitatif asosiatif kausal, pada sampel jenuh sebanyak 58 responden di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nunukan. Dari hasil penelitian dan pembahasan, kesimpulannya adalah: 1. Partisipasi masyarakat berpengaruh kuat dan signifikan terhadap pelayanan KTP elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, mencapai sebesar 0,755. Apabila partisipasi masyarakat ditingkatkan sebesar 1 unit, sementara nilai konstantanya tetap, maka diperkirakan peningkatan pelayanan KTP elektronik akan mencapai sebesar 0,850 unit. 2. Kinerja aparatur pemerintah berpengaruh kuat dan signifikan terhadap pelayanan KTP elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, mencapai sebesar 0,712. Apabila kinerja aparatur pemerintah ditingkatkan sebesar 1 unit, sementara nilai konstantanya tetap, maka diperkirakan peningkatan pelayanan KTP elektronik akan mencapai sebesar 0,692 unit. 3. Partisipasi masyarakat dan kinerja aparatur pemerintah secara bersama-sama berpengaruh sangat kuat dan signifikan terhadap pelayanan KTP elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, mencapai sebesar 0,850. Apabila partisipasi masyarakat dan kinerja aparatur pemerintah secara bersama-sama ditingkatkan sebesar 1 unit, sementara nilai konstantanya tetap, maka diperkirakan peningkatan pelayanan KTP elektronik akan mencapai sebesar 1,037 unit.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 42904.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Public participation, Government performance, Public service., partisipasi masyarakat, kinerja aparatur pemerintah, pelayanan publik. |
Subjects: | 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara) 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.63 Government Workers (Pegawai Pemerintah) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 04:49 |
Last Modified: | 04 Jun 2018 04:49 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7363 |
Actions (login required)
View Item |