Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Strategi React Pada Materi Menyelesaikan Masalah Menggunakan Konsep Himpunan Dan Diagram Venn Untuk Siswa Kelas VII

Nurul, Saila (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Strategi React Pada Materi Menyelesaikan Masalah Menggunakan Konsep Himpunan Dan Diagram Venn Untuk Siswa Kelas VII. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42956.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleb: l) Beberapa basil penelitian yang menunjukkan bahwa pembelajaran dengan strategi REACT mampu meningkatkan hasil belajar siswa, motivasi belajar siswa, pemabaman siswa, kemampuan koneksi dan representasi, dll; 2)model pembelajaran Matematika yang dilakukan di kelas VII SMP Setia Probolinggo masib konvensional; dan 3) Rendabnya basil belajar dan motivasi belajar Matematika siswa kelas VII SMP Setia Probolinggo. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran dengan strategi REACT pada materi menyelesaikan masalah menggunakan konsep bimpunan dan diagram venn untuk siswa kelas VII SMP, yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalab Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS). Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model 4D Thiagarajan, yang meliputi empat tabapan kegiatan, yaitu: mendefinisikan (define), merancang (design), mengembangkan (develope) dan penyebaran (disseminate). Kriteria validitas perangkat pembelajaran ditentukan oleb penilaian perangkat pembelajaran oleb validator. Kriteria kepraktisan perangkat pembelajaran ditenrnkan oleh penilaian observer terhadap aktivitas kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran dan kriteria kefektifan perangkat pembelajaran ditentukan oleb proporsi siswa yang mencapai kriteria tuntas belajar dan respon siswa terbadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Analisis terhadap validasi RPP oleb validator menunjukkan bahwa RPP valid (V = 4,38). Analisis terhadap validasi LKS oleb validator menunjukkan bahwa LKS valid (V = 4,38). Dengan demikian RPP dan LKS dibasilkan dalam penelitian ini memenuhi kriteria valid; 2) Analisis terbadap basil pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menunjukkan babwa aktivitas guru dalam pembelajaran adalah valid (V = 4,71) dan aktivitas siswa dalam pembelajaran adalah valid (V = 4,67). Jadi perangkat pembelajaran yang dihasilkan memenubi kriteria kepraktisan; 3) Analisis terbadap basil tes hasil belajar menunjukkankan bahwa penguasaan siswa terbadap materi tinggi (persentase siswa yang tuntas belajar adalah 17 /20 x 100% = 85% > 80%) dan analisis terhadap hasil angket 20 respon siswa terbadap pembelajaran menunjukkan babwa siswa mendukung , merasa senang; berminat terbadap komponen dan proses/kegiatan pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT (persentase angket respon siswa(S) = 210/260 x 100% = 80,77%. S = 80,77% >/ 80%). Jadi perangkat yang dibasilkan memenubi kriteria efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42956.pdf
Uncontrolled Keywords: Development, Leaming Instrument, REACT Strategy, Concepts Set, Venn Diagram,Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Strategi REACT, Konsep Himpunan, Diagram Venn.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 28 Jun 2018 06:55
Last Modified: 28 Jun 2018 06:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7379

Actions (login required)

View Item View Item