Rinda, Noviyanti (2010) Pengaruh Tutorial Online Terhadap Nilai Akhir Mahasiswa (Kasus: Mata Kuliah MMPI5102 Masa Registrasi 2009.1 dan MMPI5203 Masa Registrasi 2009.2). In: Seminar Nasional Multidisiplin (SENMI), 5 Agustus 2010, Universitas Budi Luhur, Jakarta. (Submitted)
|
Text
L0055-18.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (124kB) | Preview |
Abstract
Universitas Terbuka (UT) merupakan institusi penyelenggara pendidikan tinggi jarak jauh (PTJJ). Salah satu karakteristik dari UT adalah adanya keterpisahan secara fisik antara mahasiswa dengan pengajar. Untuk melengkapi kegiatan belajar mengajar yang ada selama ini, UT menyediakan fasilitas tutorial online. Khusus untuk mahasiswa pascasarjana, tutorial ini wajib diikuti. Kegiatan tutorial berlangsung dalam 8 kali pertemuan, yang terdiri dari 8 inisiasi, 8 diskusi, dan 3 tugas. Inisiasi dan diskusi diberikan setiap minggu, sedangkan tugas diberikan pada minggu ke 2, 4, dan 6. Inisiasi merupakan paparan materi yang merupakan pengembangan dari BMP, sedangkan diskusi merupakan pertanyaan yang berikan tutor untuk mahasiswa dengan harapan mahasiswa aktif menjawab pertanyaan tersebut. Diskusi dapat dilakukan antar mahasiswa maupun mahasiswa dengan tutor. Tugas dikerjakan oleh mahasiswa dan dikoreksi oleh tutor tatap muka. Nilai akhir mahasiswa terdiri dari nilai ujian akhir semester (UAS), tutorial tatap muka (TTM), dan tuton. Kontribusi masing-masing nilai UAS, TTM dan tuton terhadap nilai akhir adalah sebesar 40%, 50% dan 10%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan secara diskriptif kualitatif pada mata kuliah Manajemen Sumber Daya Perikanan (MMPI5102) dan Metode Penangkapan Ikan (MMPI5203) terhadap 17 mahasiswa magister manajemen perikanan (MMP) UPBJJ Jakarta, dan 16 mahasiswa MMP UPBJJ Pontianak didapatkan bahwa nilai tuton MMPI5102 berpengaruh terhadap nilai akhir mahasiswa B,I, dan U, sedangkan tuton MMPI5203 berpengaruh terhadap nilai akhir mahasiswa B dan AF.
Actions (login required)
View Item |