Perancangan Model Blue Ocean Strategy Pada PT. Saptaindra Sejati - Adaro Energy Group

Shahindra, Tengku (2013) Perancangan Model Blue Ocean Strategy Pada PT. Saptaindra Sejati - Adaro Energy Group. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41064.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk merancang suatu model strategi manajemen baru yang disebut Model Blue Ocean Strategy pada perusahaan atau industri jasa pertambangan. Model strategi baru diharapkan menjadi solusi terhadap masalah yang dihadapi industri jasa pertambangan pada tahun 2012 dan 2013, antara lain : ketatnya kompetisi, penurunan harga batubara dunia, adanya substitusi produk batubara (Shale Gas & Coal Bed Methane /CBM) dan permintaan penurunan rate biaya pengupasan lapisan penutup batubara. Perusahaan yang diteliti adalah PT. Saptaindra Sejati (SIS), beserta cakupan industrinya dengan menggunakan data-data yang dikeluarkan pada periode tahun 2010 - 2012. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Analisis data primer dan sekunder menggunakan VRIO tools framework, 5 Forces Model Porter, dan PESTLE Analysis. Sedangkan tahap perumusan strategi Blue Ocean menggunakan perangkat analisis Blue Ocean dari prinsip 1 sampai dengan 4 yaitu : Strategy Canvas, 4 Action Framework, ERRC Grid dan Blue Ocean Idea (BOI) Index. Hasil analisis menunjukkan bahwa Strategi W-O awal yang dibentuk memiliki gap dengan Current Strategy SIS tahun 2013. Pada Current Strategy yang digunakan oleh SIS pada tahun 2013, memiliki sifat Red Ocean Strategy (ROS) dengan cirri-ciri : bersaing di pasar yang ada, melakukan strategi sama dengan perusahaan jasa pertambangan lain serta melakukan diferensiasi biaya dengan inovasi nilai. Kondisi perusahaan SIS saat dipetakan dengan kompetitor nomor 1 industri jasa pertambangan, menunjukkan gap dari semua 8 elemen, belum mencapai level setingkat dengan kompetitor nomor 1. Pembentukan kurva elemen baru berdasarkan hasil analisis, menghasilkan 7 tambahan elemen nilai baru bagi perusahaan yaitu : Meeting Koordinasi, Jalur Komunikasi, Personil HO, Sistem Remunerasi berbasis kinerja total, Internal Consultant dan Internal Job Tender. Hasil analisis pembentukan Strategi Baru sebagai sintesis dari Strategi WO dan Strategi Kanvas BOS, menghasilkan 11 (sebelas) butir Strategi Proposal Baru bagi SIS. Strategi ini diverifikasi dengan BOI Index, menunjukkan 11 (sebelas) Strategi Baru memenuhi kaidah BOI Index dalam hal Utilitas, Harga, Biaya dan vii Adopsi. Sedangkan Current Strategy SIS 2013 hanya memenuhi kriteria Utilitas, kadang memenuhi Harga dan Biaya serta tidak memenuhi dalam hal kriteria Adopsi. Hasil ini menunjukkan Strategi Baru memiliki kelayakan sebagai Blue Ocean Strategy. Sebagai kesimpulan, penelitian ini menghasilkan Model Strategi Baru yang berbeda dengan Current Strategy perusahaan. Model Strategi Baru ini ini memiliki harapan untuk mendorong keluar perusahaan SIS dari zona Red Ocean menuju Blue Ocean.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41064.pdf
Uncontrolled Keywords: Blue Ocean Strategy, Industri Jasa Pertambangan, Model, Strategi, Manajemen
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.40 Strategic Management (Manajemen Strategis)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:01
Last Modified: 03 Aug 2016 07:01
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/749

Actions (login required)

View Item View Item