Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Biaya Terhadap Kepuasan Pelanggan di Puskesmas Tanjung Palasutara Kabupaten Bulungan

Sima, Velix Toding (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Biaya Terhadap Kepuasan Pelanggan di Puskesmas Tanjung Palasutara Kabupaten Bulungan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42981.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemerintah daerah memiliki peran penting dalam menyediakan salah satu fasilitas pelayanan publik seperti pelayanan kesehatan kepada masyarakatnya. Pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kabupaten Bulungan dilaksanakan oleh Puskesmas. Masyarakat sebagai pelanggan menginginkan kepuasan layanan kesehatan melalui peningkatan kualitas dan biaya pelayanan kesehatan. Kunjungan masyarakat di Puskesmas Tanjung Palas Utara yang cukup tinggi, berbanding terbalik dengan kepuasan pelayanan yang diterima. Faktor-faktor seperti kualitas pelayanan yang kurang memadai,dan biaya berobat yang masih sebagian ditanggung pelanggan, masih menjadi pcnyebab kurangnya kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan biaya terhadap kepuasan pelanggan di Puskesmas Tanjung Palas Utara baik secara parsial dan simultan. Pendekatan penelitian m1 adalah kuantitatif yaitu survey analitik, menggunakan teknik Purposive Sampling dengan kuisioneruntuk pengumpulan data. Sampel penelitian adalah pasien rawat jalan di Puskesmas Tanj ung Palas Utara berjumlah 96 orang. Alat analisis yaitu Analisis Rcgresi Berganda, dan di uji t dan F pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan secara parsialdengan uji t membuktikan bahwakualitas pelayanan kesehatan memengaruhi secara signifikan tcrhadap kepuasan pelanggan yang ditunjukkan nilai p (Sig) cc 0,00<0,05, namun biaya tidak memengaruhi secara signifikan terhadap kcpuasan pelanggan yang ditunjukkan nilai p (Sig)=O, 119>0,05. Temuan di lapangan menunjukkan meskipun faktanya pelanggan merupakan anggota BPJS dan Jamkesda, tetapi ketersediaan obat-obatan tidak terpenuhi seluruhnya di Puskesmas Tanjung Palas Utara secara berkesinambungan, hal ini mengakibatkan tingginya ongkos berobat Pengujian secara simultan dengan uji F membuktikan sccara simultan kualitas pelayanan dan biaya memengaruhi kepuasan pclanggan yang ditunjukkan nilai p (Sig)= 0,00<0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42981.pdf
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan kesehatan, biaya, kepuasan pelanggan, the quality of health service, cost and customers satisfaction
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 353.6 Administration of Health Services (Departemen Kesehatan (Depkes))
300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.1068 Medical Service Management (Manajemen Layanan Kesehatan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 06 Nov 2018 06:34
Last Modified: 12 Nov 2018 06:39
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7501

Actions (login required)

View Item View Item