Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI SMK Negeri 1 Plampang Tahun Pelajaran 2015/2016

Putra, Ikhwansyah (2017) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI SMK Negeri 1 Plampang Tahun Pelajaran 2015/2016. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43072.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar cetak berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kontekstual yang ditinjau dari gaya belajar visual siswa pada materi barisan dan deret kelas XI SMK Negeri 1 Plampang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan LKS pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model Thiagarajan, Semmel & Semmel ( 4-D) yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Bahan ajar yang dikembangkan dapat dikatakan baik atau berkualitas apabila memenuhi 3 (tiga) aspek yaitu : Validitas, Kepraktisan, dan Keefektifan. Penelitian dimulai dengan menentukan populasi dan memilih sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling yaitu sampel diambil dengan mengundi secara acak 1 kelas dari 4 kelas yang di asumsikan berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil undian diperoleh sampel yaitu kelas XI RPL dengan jumlah siswa sebanyak 39 siswa. Selanjutnya dilakukan validasi ahli terhadap RPP, LKS, dan instrumen yang digunakan. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa penilaian ketiga validator terhadap RPP, LKS, dan instrumen berdasarkan kriteria validitas berada pada rentang X > X, + 1,8 Sbi dengan kriteria kualitas sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa RPP, LKS, dan instrumen dinyatakan valid atau layak untuk digunakan. Setelah seluruh kegiatan pembelajaran berakhir, guru/praktisi dan siswa memberikan respon terhadap RPP dan LKS. Hasil penilaian guru/praktisi terhadap RPP dan LKS berdasarkan kriteria kepraktisan dan keefektifan berada pada rentang skor x > 3,40 dengan kriteria kualitas Sangat Baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS telah memenuhi kriteria kepraktisan. Hasil penilaian siswa terhadap LKS berdasarkan kriteria kepraktisan dan keefektifan berada pada rentang skor x > 3,40 dengan kriteria kualitas Sangat Baik. Berdasarkan data prestasi belajar siswa diperoleh persentase ketuntasan klasikal yaitu 97 ,44 %. Dari hasil penilaian siswa dan data prestasi belajar siswa dapat disimpulkan bahwa LKS telah memenuhi kriteria keefektifan. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa LKS telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan sehingga LKS dapat dinyatakan Iayak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43072.pdf
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, LKS, Pendekatan Kontekstual, dan Gaya Belajar, Teaching Materials, Student worksheets, Contextual Approach, and Learning Styles.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.3-373.9 Geographic Treatment of Secondary Education (Pendidikan Lanjutan di Lokasi Tertentu)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2018 02:40
Last Modified: 07 Nov 2018 02:40
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7518

Actions (login required)

View Item View Item