Ismail, Faridah (2017) Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor Layanan Operasional BPJS Kesehatan Kabupaten Berau. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43091.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Tujuan utama dari desentralisasi dan eksistensi pemerintahan daerah yaitu penyediaan pelayanan publik bagi masyarakat. Pelayanan publik merupakan tanggung jawab Pemerintah dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah, baik di Pusat, Daerah, dan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara, seperti halnya pelayanan publik di bidang kesehatan, khususnya Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional. Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional yang dikelola oleh BPJS Kesehatan diharapkan akan memudahkan akses pelayanan serta secara nyata akan menyehatkan seluruh rakyat Indonesia. Sehubungan dengan hal tersebut diatas dan terkait dengan masalah - masalah yang timbul dalam pelayanan administrasi BPJS Kesehatan maka tidak dapat kita pungkiri bahwa untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan tentunya akan dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya yaitu faktor kompetensi sumber daya manusia dan penggunaan teknologi infonnasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan penggunaan teknologi informasi terhadap kualitas pelayananan. pada Kantor Layanan Operasional BPJS Kesehatan Kabupaten Berau. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel dengan tujuan untuk mengukur hubungan atau pengaruh antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta BPJS Kesehatan yang mendapatkan pelayanan administrasi di Kantor Operasional BPJS Kesehatan Kabupaten Berau. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 96 responden. Dalam penelitian ini, jenis dan teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu observasi (pengamatan), penggunaan kuisioner, wawancara. Metode analisa data yang akan digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi sumber daya manusia terhadap kualitas pelayanan di Kantor Layanan Operasional BPJS Kesehatan Kabupaten Berau, dan ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan teknologi informasi terhadap kualitas pelayanan di Kantor Layanan Operasional BPJS Kesehatan Kabupaten Berau, serta ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi sumber daya manusia dan penggunaan teknologi infonnasi terhadap kualitas pelayanan di Kantor Layanan Operasional BPJS Kesehatan Kabupaten Berau.
Actions (login required)
View Item |