Nurlaili, (2016) Kinerja Guru Penerima Tunjangan Profesi dalam Melaksanakan Tugas Mengajar di SMPN 07 Mukomuko. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42919.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Berbagai upaya peningkatan kualitas guru telah dilakukan pemerintah, salah satunya adalah melalui program sertifikasi guru. Namun kenyataan yang berkembang adalah bahwa program sertifikasi temyata tidak sesuai dengan yang diharapkan, guru yang telah lolos sertifikasi temyata tidak menunjukkan kualitas yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru setelah memperoleh tunjangan profesional melalui program sertifikasi guru. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Populasinya adalah guruguru SMPN 07 Mukomuko yang telah mengikuti program sertifikasi dan menerima tunjangan profesi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik multistage sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan telaah dokumentasi, sedang analisis datanya dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa kinerja guru pasca sertifikasi, baik secara keseluruhan, maupun dilihat dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, semuanya menunjukkan kinerja yang sudah memenuhi standar. Penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kinerja antara yang menerima tunjangan profesi. Rekomendasi yang diajukan adalah hendaknya pelaksanaan program sertifikasi lebih ditujukan pada peningkatan kesadaran guru akan pentingnya peningkatan kinerja mereka dalam peningkatan kualitas pendidikan di SMPN 07 Mukomuko.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 42919.pdf |
Uncontrolled Keywords: | kinerja guru, penerima tunjangan profesi, teacher’s performance, teacher certification program |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 12 Nov 2018 02:09 |
Last Modified: | 12 Nov 2018 02:09 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7540 |
Actions (login required)
View Item |