Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Metode Role Playing Berbasis Pendidikan Karakter pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII

Widayati, Theresia (2013) Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Metode Role Playing Berbasis Pendidikan Karakter pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41412.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu kegiatan pembelajaran materi bangun ruang sisi datar yang dipandang sulit oleh siswa untuk mempelajarinya dan oleh guru untuk mengajarkannya adalah pemecahan masalah. Pada penelitian ini diterapkan pembelajaran dengan metode role playing berbasis pendidikan karakter. Pembelajaran mengajak siswa menggali pengetahuannya untuk mengerjakan tugas terstruktur secara mandiri, melatih siswa berani tampil bermain peran, membiasakan mengerjakan soal uraian atau soal cerita baik berkelompok maupun individu agar keterampilan pemecahan masalah terasah, sehingga meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian bertujuan untuk mengetabui apakah pembelajaran terimplementasi secara efektif yang ditandai dengan: (1) mencapai batas ketuntasan minimal yang telah ditentukan, (2) adanya pengaruh positif karakter mandiri dan keterampilan pemecahan masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah, (3) kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi siswa SMP Negeri 3 Tersono kelas VIII, Batang tabun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 3 kelas. Berdasarkan teknik cluster sampling diperoleh 2 kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Variabel penelitian adalah karakter mandiri, keterampilan pemecahan masalah, dan kemampuan pemecahan masalah. Data penelitian diperoleh melalui: (1) pengamatan karakter mandiri, (2) pengamatan keterampilan pemecahan masalah, dan (3) tes kemampuan pemecahan masalah. Data diolah dengan analisis statistik uji ketuntasan (One Sample T Tes), uji pengaruh (regresi linier), dan uji banding (Independent Sample T Tes). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (I) penerapan metode pembelajaran role playing berbasis pendidikan karakter dapat mencapai batas ketuntasan minimal yang telah ditentukan yaitu 65, (2) karakter mandiri dan keterampilan masalah mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah dengan persamaan regresi Y= 3,691 + 0,935 X1 + 0,073 X2. Diperoleh nilai R square sebesar 89,5% yang berarti ada pengaruh dari variabel lain sebesar 10,5%, dan (3) ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditunjukkan dari perolehan rata-rata kelas eksperimen 74,22 dan kelas kontrol 66,20. Dari hasil di atas terlihat bahwa pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar dengan metode role playing berbasis pendidikan karakter terimplementasi secara efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41412.pdf
Uncontrolled Keywords: kemandirian, keterampilan dan kemampuan pemecahan masalah, role playing
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:25
Last Modified: 03 Aug 2016 07:25
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/758

Actions (login required)

View Item View Item