Strategi Pemasaran Rumput Laut Di Kawasan Minapolitan (Studi Kasus di Kawasan Minapolitan Desa Labuhan Kertasari Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat)

Sudiarta, (2017) Strategi Pemasaran Rumput Laut Di Kawasan Minapolitan (Studi Kasus di Kawasan Minapolitan Desa Labuhan Kertasari Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43079.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pasar memegang kendali yang sangat penting dalam sistem usaha rumput laut. Produk yang biasa saja, diharapkan bisa sukses hanya karena strategi pemasaran yang handal. Telah dilakukan kajian tentang strategi pemasaran rumput laut di Kawasan Minapolitan Desa Labuhan Kertasari, dengan tujuan mengkaji saluran dan fungsi pemasaran; menganalisis margin, keuntungan, dan efesiensi pemasaran; menganalisis transmisi harga dan integrasi pasar; serta strategi pemasaran. Penelitian dilakukan melalui eksploratori dan penelitian deskriptif. Penentuan sampel melalui purposive sampling. Jumlah sampel nelayan budidaya rumput laut sebanyak 1 0 % dari populasi. Metode analisis data : analisis deskriptif kualitatif,analisis deskriptif kuantitatif, analisis transmisi harga dan integrasi pasar dan analisis SWOT. Hasjl penelitian menunjukkan saluran pemasaran rumput laut terdiri atas produsen, pedagang pengumpul dan pengumpul eksportir; Produsen menjalankan lima fungsi pemasaran dan pedagang pengumpul menjalankan keseluruhan fungsi pemasaran; Rata-rata margin pemasaran rumput Rp. 1.500,-/kg. Margin pemasaran tertinggi karena pedagang pengepul langsung menjual rumput laut kering langsung ke konsumen industri; keuntungan yang diterima oleh –produsen Rp. 2.605,-/kg. Rata-rata keuntungan pedagang pengumpul yang melakukakan aktivitas jual beli rumput laut kering Rp. 999,-/kg.Nilai elastisitas 0,512, nilai ini kurang dari 1 (η < 1) sehingga elastisitas harga rumput bersifat inelastis; Kondisi eksisting pemasaran rumput laut berada pada strategi Strenght-Threath. Rekomendasi strategi yang diberikan adalah diversifikasi strategi, artinya pemasaran rumput laut dalam kondisi yang mantap, namun menghadapi sejumlah tantangan pengembangan. Untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat pembudidaya rumput laut, maka strategi pemasaran ruput laut seyogyanya memanfaatkan strategi Strength- Threath sebagai strategi utama.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43079.pdf
Uncontrolled Keywords: pemasaran, strategi, rumput laut, marketing, strategy, seaweed
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570-579 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 579.88 Seaweeds (Rumput Laut)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.40 Strategic Management (Manajemen Strategis)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.401 Planning and Strategic Management (Manajemen Perencanaan dan Manajemen Strategi)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.81 Sales Management (Manajemen Pemasaran)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.839 Historical, Geographic Treatment of Market Research (Riset Penelitian Pemasaran di Lokasi Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Perikanan
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:13
Last Modified: 26 Nov 2018 07:29
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7580

Actions (login required)

View Item View Item