Sudiarta, (2017) Strategi Pemasaran Rumput Laut Di Kawasan Minapolitan (Studi Kasus di Kawasan Minapolitan Desa Labuhan Kertasari Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat). Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43079.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pasar memegang kendali yang sangat penting dalam sistem usaha rumput laut. Produk yang biasa saja, diharapkan bisa sukses hanya karena strategi pemasaran yang handal. Telah dilakukan kajian tentang strategi pemasaran rumput laut di Kawasan Minapolitan Desa Labuhan Kertasari, dengan tujuan mengkaji saluran dan fungsi pemasaran; menganalisis margin, keuntungan, dan efesiensi pemasaran; menganalisis transmisi harga dan integrasi pasar; serta strategi pemasaran. Penelitian dilakukan melalui eksploratori dan penelitian deskriptif. Penentuan sampel melalui purposive sampling. Jumlah sampel nelayan budidaya rumput laut sebanyak 1 0 % dari populasi. Metode analisis data : analisis deskriptif kualitatif,analisis deskriptif kuantitatif, analisis transmisi harga dan integrasi pasar dan analisis SWOT. Hasjl penelitian menunjukkan saluran pemasaran rumput laut terdiri atas produsen, pedagang pengumpul dan pengumpul eksportir; Produsen menjalankan lima fungsi pemasaran dan pedagang pengumpul menjalankan keseluruhan fungsi pemasaran; Rata-rata margin pemasaran rumput Rp. 1.500,-/kg. Margin pemasaran tertinggi karena pedagang pengepul langsung menjual rumput laut kering langsung ke konsumen industri; keuntungan yang diterima oleh –produsen Rp. 2.605,-/kg. Rata-rata keuntungan pedagang pengumpul yang melakukakan aktivitas jual beli rumput laut kering Rp. 999,-/kg.Nilai elastisitas 0,512, nilai ini kurang dari 1 (η < 1) sehingga elastisitas harga rumput bersifat inelastis; Kondisi eksisting pemasaran rumput laut berada pada strategi Strenght-Threath. Rekomendasi strategi yang diberikan adalah diversifikasi strategi, artinya pemasaran rumput laut dalam kondisi yang mantap, namun menghadapi sejumlah tantangan pengembangan. Untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat pembudidaya rumput laut, maka strategi pemasaran ruput laut seyogyanya memanfaatkan strategi Strength- Threath sebagai strategi utama.
Actions (login required)
View Item |