Hubungan Unsur-Unsur Penilaian Akreditasi dan Iklim Organisasi Dengan Motivasi dan Kinerja Guru di Sekolah Dasar Kecamatan Sintang

Adi, Usman (2017) Hubungan Unsur-Unsur Penilaian Akreditasi dan Iklim Organisasi Dengan Motivasi dan Kinerja Guru di Sekolah Dasar Kecamatan Sintang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43008.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ada1ah untuk mendiskripsikan dan mengetahui apakah terdapat hubungan antara unsur-unsur penilaian dan akreditasi organisasi dengan motivasi dan kineija guru baik langsung ataupun tidak langsung di Sekolah Dasar di Kecamatan Sintang. Mengingat, hal ini berperan penting di dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menjelaskan unsur-unsur penilaian akreditasi (XI) dan iklim organisasi (X2), motivasi (X3) dan kinerja guru (Y) dimana terdapat Populasi 700 dengan 255 sampel dari Sekolah Dasar di Kabupaten Sintang. Teknik sampling yang digunakan adalah instrument angket, dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan aplikasi komputer SPSS 16.0 for Windows.Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut; (1) unsur penilaian akreditasi di sekolah dasar di Kabupaten Sintang menunjukan kategori baik dengan skor rata-rata 140,43; (2) iklim organisasi juga menunjukan kategori baik dengan rata-rata 54,96; (3) motivasi guru menunjukkan skor tinggi dengan rata-rata 51,77; (4) kineija guru menunjukkan nilai sangat tinggi dengan rata-rata 93,95; (5) Terdapat unsur hubungan langsung dengan koefisien 0,299; (6)Terdapat unsur hubungan tidak langsung dari penilaian akreditasi melalui motivasi guru dengan koefisien 0,165 dan total hubungan adalah 0.394; (7) tidak terdapat hubungan langsung antara iklim organisasi dan kineija guru dengan koefisien 0,012; (8) Terdapat hubungan tidak langsung antara organisasi iklim dan kineija guru melalui motivasi guru dengan koefisien 0,218 dan hubungan total sebesar 0:23; (9) Terdapat hubungan langsung antara motivasi dengan kinerja guru dengan koefisien 0,47.Berdasarkan Ulasan Hasil tersebut, saran yang diajukan adalah sebagai berikut; (1) untuk Badan Akreditasi Nasional Sekolah Dasar, mereka harus mempertahankan unsur akreditasi baik dan Meningkatkan • instrumen penilaian akreditasi; (2) untuk kepala sekolah dasar, mereka harus memahami setiap tahap kreditasi, kemudian memberikan fasilitas, motivasi dan pengawasan untuk guru untuk terns meningkatkan Ulasan penampilan mereka; (3) untuk guru SD, mereka harus selalu memiliki motivasi untuk bekerja dengan baik, selalu mencari sumber belajar untuk meningkatkan kemampuan yang akan meningkatkan kualitas pembelajaran; ( 4) untuk peneliti lain yang akan melakukan penelitian pada faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru, mereka harus mengambil variabel lain yang belum diteliti sebagai hadiah atau hukuman untuk meningkatkan kinerja guru, dan melakukan penelitian di lingkup yang Iebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43008.pdf
Uncontrolled Keywords: unsur-unsur penilaian akreditasi, iklim organisasi, motivasi, kinerja Guru, the elements of the accreditation assessment, organizational climate, motivation, teachers' performance
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 16 Nov 2018 08:21
Last Modified: 27 Nov 2018 07:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7604

Actions (login required)

View Item View Item