Adi, Usman (2017) Hubungan Unsur-Unsur Penilaian Akreditasi dan Iklim Organisasi Dengan Motivasi dan Kinerja Guru di Sekolah Dasar Kecamatan Sintang. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43008.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ada1ah untuk mendiskripsikan dan mengetahui apakah terdapat hubungan antara unsur-unsur penilaian dan akreditasi organisasi dengan motivasi dan kineija guru baik langsung ataupun tidak langsung di Sekolah Dasar di Kecamatan Sintang. Mengingat, hal ini berperan penting di dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menjelaskan unsur-unsur penilaian akreditasi (XI) dan iklim organisasi (X2), motivasi (X3) dan kinerja guru (Y) dimana terdapat Populasi 700 dengan 255 sampel dari Sekolah Dasar di Kabupaten Sintang. Teknik sampling yang digunakan adalah instrument angket, dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan aplikasi komputer SPSS 16.0 for Windows.Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut; (1) unsur penilaian akreditasi di sekolah dasar di Kabupaten Sintang menunjukan kategori baik dengan skor rata-rata 140,43; (2) iklim organisasi juga menunjukan kategori baik dengan rata-rata 54,96; (3) motivasi guru menunjukkan skor tinggi dengan rata-rata 51,77; (4) kineija guru menunjukkan nilai sangat tinggi dengan rata-rata 93,95; (5) Terdapat unsur hubungan langsung dengan koefisien 0,299; (6)Terdapat unsur hubungan tidak langsung dari penilaian akreditasi melalui motivasi guru dengan koefisien 0,165 dan total hubungan adalah 0.394; (7) tidak terdapat hubungan langsung antara iklim organisasi dan kineija guru dengan koefisien 0,012; (8) Terdapat hubungan tidak langsung antara organisasi iklim dan kineija guru melalui motivasi guru dengan koefisien 0,218 dan hubungan total sebesar 0:23; (9) Terdapat hubungan langsung antara motivasi dengan kinerja guru dengan koefisien 0,47.Berdasarkan Ulasan Hasil tersebut, saran yang diajukan adalah sebagai berikut; (1) untuk Badan Akreditasi Nasional Sekolah Dasar, mereka harus mempertahankan unsur akreditasi baik dan Meningkatkan • instrumen penilaian akreditasi; (2) untuk kepala sekolah dasar, mereka harus memahami setiap tahap kreditasi, kemudian memberikan fasilitas, motivasi dan pengawasan untuk guru untuk terns meningkatkan Ulasan penampilan mereka; (3) untuk guru SD, mereka harus selalu memiliki motivasi untuk bekerja dengan baik, selalu mencari sumber belajar untuk meningkatkan kemampuan yang akan meningkatkan kualitas pembelajaran; ( 4) untuk peneliti lain yang akan melakukan penelitian pada faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru, mereka harus mengambil variabel lain yang belum diteliti sebagai hadiah atau hukuman untuk meningkatkan kinerja guru, dan melakukan penelitian di lingkup yang Iebih luas.
Actions (login required)
View Item |