Syari, Yulianty (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD dr. Abdul Rivai Kabupaten Berau. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43108.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penanganan kasus gawat darurat sering menjadi sorotan publik sebagai pengguna jasa layanan kesehatan yang sering terabaikan. Untuk itu, perawat sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan karena mereka bertemu langsung dan sering berinteraksi dengan pasien.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kualitas pelayanan perawat terhadap kepuasan pasien di IGD RSUD dr.Abdul Rivai Berau, secara parsial dan simultan mengetahui apakah pengaruh kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empahty), bukti fisik (tangible) pelayanan perawat pada IGD RSUD dr.Abdul Rivai berau terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan pendekatan eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien atau keluarga pasien yang datang berobat pada Instalasi Gawat Darurat RSUD dr.Abdul Rivai Berau. Jumlah sampel yang akan diteliti adalah 100 orang responden. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini analisa regresi linier berganda. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa secara parsial, kehandalan, jaminan, dan empati tenaga perawat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Dan secara bersama-sama kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan berwujud tenaga perawat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien.
Actions (login required)
View Item |