Pengaruh Kualitas Pelayanan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD dr. Abdul Rivai Kabupaten Berau

Syari, Yulianty (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD dr. Abdul Rivai Kabupaten Berau. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43108.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penanganan kasus gawat darurat sering menjadi sorotan publik sebagai pengguna jasa layanan kesehatan yang sering terabaikan. Untuk itu, perawat sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan karena mereka bertemu langsung dan sering berinteraksi dengan pasien.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kualitas pelayanan perawat terhadap kepuasan pasien di IGD RSUD dr.Abdul Rivai Berau, secara parsial dan simultan mengetahui apakah pengaruh kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empahty), bukti fisik (tangible) pelayanan perawat pada IGD RSUD dr.Abdul Rivai berau terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan pendekatan eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien atau keluarga pasien yang datang berobat pada Instalasi Gawat Darurat RSUD dr.Abdul Rivai Berau. Jumlah sampel yang akan diteliti adalah 100 orang responden. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini analisa regresi linier berganda. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa secara parsial, kehandalan, jaminan, dan empati tenaga perawat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Dan secara bersama-sama kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan berwujud tenaga perawat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43108.pdf
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Perawat, Kepuasan Pasien, Nursing Care Service Quality, Patient Satisfaction
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.173 Services of Nurses (Pelayanan Perawat)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 22 Nov 2018 07:14
Last Modified: 26 Nov 2018 03:57
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7642

Actions (login required)

View Item View Item