Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Demokratis dan Kepuasan Kerja Dengan Kualitas Pelayanan Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Karimun Tahun 2016

Suryaningsih, (2017) Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Demokratis dan Kepuasan Kerja Dengan Kualitas Pelayanan Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Karimun Tahun 2016. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43027.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengungkap hubungan antara gaya kepemimpinan demokratis dan kepuasan kerja dengan kualitas pelayanan di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Karimun dalam kurun waktu 1 tahun belakangan ini. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang ada di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Karimun. baik Pegawai Negeri Sipil maupun Pegawai Honorer sebanyak 56 orang. lnstrumen penilitian ini adalah kuisioner yang telah teruji secara uji validitas dan uji reliabilitas. Adapun untuk membuktikan hipotesis dilakukan teknik analisis dengan anal isis korelasi ganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang cukup kuat dan signifikan antara gaya kepemimpinan demokratis (XI) dengan kualitas pelayanan (Y) di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Karimun. Hal ini ditunjukkan dengan adanya nilai korelasi variabel terse but sebesar 0.465 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 antara gaya kepemimpinan dengan kualitas pelayanan. Selain itu juga ditemui bahwa hubungan yang cukup kuat dan signifikan antara kepuasan kerja (X2) dengan kualitas pelayanan (Y) di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Karimun. Hal ini ditunjukkan dengan adanya nilai korelasi variabel tersebut sebesar 0.490 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 antara kepuasan kerja dengan kualitas pelayanan. Selain hal tersebut di atas, diperoleh juga hasil penelitian bahwa secara simultan ada hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan demokratis (XI), kepuasan kerja (X2) dengan kualitas pelayanan (Y) di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Karimun dengan tingkat signifikansi (a) sebesar 5%. Besarnya koefisien determinan (R2) adalah sebesar 0.307 yang berarti bahwa variabel bebas gaya kepemimpinan demokratis dan kepuasan kerja memberikan kontribusi sebesar 30.70% terhadap peningkatan kualitas pelayanan di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Karimun. Sedangkan sisanya sebesar 60.30% dipengaruhi oleh variabellainnya di luar model.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43027.pdf
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Demokratis, Kepuasan Kerja, Kualitas Pelayanan, Democratic Leadership Style, Job Satisfaction, Quality of Service
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.31422 Job Satisfaction (Kepuasan Kerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 29 Nov 2018 01:32
Last Modified: 29 Nov 2018 01:32
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7683

Actions (login required)

View Item View Item