lrdawati, (2018) Pengaruh Pengetahuan, Motivasi dan Kepemimpinan terhadap Perilaku Kerja Kader Posyandu di Puskesmas Gajah Mada Kecamatan Tembilahan. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43319.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan posyandu mencapai tujuan sangat dipengaruhi oleh keaktifan/perilaku kerja para kader posyandu. Di Puskesmas Gajah Mada Kecamatan Tembilahan, masih terdapat banyak kader posyandu yang berperilaku tidak aktif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, motivasi, dan kepemimpinan terhadap perilaku kerja kader posyandu di Puskesmas Gajah Mada Kecamatan Tembilahan baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi yang menjadi objek penelitian ini adalah semua kader posyandu di wilayah kerja Puskesmas Gajah Mada Kecamatan Tembilahan sebanyak 115 orang kader posyandu. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh atau sensus. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei. lnstrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa kuesioner, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung pengetahuan 3,443 dengan level signifikansi 0,001, nilai thitung motivasi 2,147 dengan level signifikansi 0,034, nilai thitung kepemimpinan 6,097 dengan level signifikansi 0,000. Nilai t hitung lebih besar dari ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel pengetahuan, motivasi dan kepemimpinan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku kerja kader posyandu di Puskesmas Gajah Mada Kecamatan Tembilahan. Hasil penelitian menunjukkan nilai Fhitung 34,963 dengan level signifikansi 0,000. Fhitung lebih besar dari Ftabel sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel pengetahuan, motivasi dan kepemimpinan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku kerja kader posyandu di Puskesmas Gajah Mada Kecamatan Tembilahan.
Actions (login required)
View Item |