Bonati, Farhan A (2017) Implementasi Tunjangan Daerah Khusus Terhadap Kinerja Guru di Kecamatan Sebuku Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43281.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi tunjangan daerah khusus terhadap kinerja guru di Kecamatan Sebuku Kabupaten Nunukan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua guru yang berada di daerah khusus mendapatkan tunjangan khusus, karena ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi oleh guru tersebut dan pengurangan alokasi dana untuk tunjangan khusus ini juga menjadi alasan pengurangan penerimaan tunjangan khusus tersebut. Penerimaan tunjangan khusus yang tidak merata memberikan dampak kecemburuan sosial diantara guru, sehingga terjadi ketidakharmonisan dalam lingkungan kerja. Ini dikarenakan ada perbandingan penilaian kinerja guru yang menerima dan tidak menerima tunjangan khusus tersebut. beberapa guru yang mendapatkan tunjangan telah termotivasi untuk meningkatkan kinerjanya baik dalam proses KBM maupun dalam lingkungan kerja. Tetapi ada beberapa guru yang menerima tunjangan khusus yang tidak profesional dalam bekerja dan bahkan ada yang tidak disiplin atau malas dalam bekerja. Sehingga perilaku de1nikian membuat timbulnya kecemburuan sosial diantara sesama guru.
Actions (login required)
View Item |