Jumayangsari, Galuh (2017) Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Kepuluan Riau, Studi: Sasaran Kerja Pegawai (SKP). Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43288.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan penelitian adalah aspek-aspek kinerja pegawai belum efektif dilaksanakan. Hal ini disebabkan adanya kendala merumuskan perubahan paradigma pengisian form DP3 menjadi SKP, khususnya dalam memecahkan permasalahan kinerja untuk meningkatkan produktivitas pegawai belum efektif dilaksanakan. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kinerja pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau berdasarkan Sasaran Kerja Pegawai (SKP). Diteliti melalui aspekaspek: Kualitas kerja, Ketepatan, Inisiatif, Kemampuan dan Komunikasi dan dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam dengan teknik purposive sampling pada 13 (Tiga Belas) informan terpilih. Hasil penelitian terungkap bahwa: Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau berdasarkan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) belum efektif dilaksanakan, hal ini dikarenakan konsep dasar peningkatan kinerja dalam merubah paradigma pengisian form DP3 menjadi SKP, khususnya dalam memecahkan permasalahan peningkatan kinerja aparatur belum efektif Selain itu pula langkah-langkah meningkatkan kinerja berdasarkan aspek kualitas kerja, ketepatan, inisiatif, kemampuan dan komunikasi belum berjalan sesuai dengan harapan. Faktor tersebut lebih didominasi oleh rendahnya kemampuan pegawai dalam mencari inovasi dalam bekerja yang memungkinkan pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat serta kreativitas kerja pegawai belum berkembang dengan baik. Kesimpulan bahwa: kinerja pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau belum efektif, karena masih menyesuaikan paradigma maupun pola pikir dari teknik penilaian SKP lebih proporsional, sehingga diharapkan kedepannya mampu meningkatkan kemampuan sesuai kompetensinya, meningkatkan inovasi dan kreativitas bekerja serta dapat menghindari hambatan penilaian tidak obyektif oleh kompetensi tim penilai.
Actions (login required)
View Item |