Pelayanan Perizinan IMB Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Nunukan

Fitriana, (2017) Pelayanan Perizinan IMB Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Nunukan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43285.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Perizinan IMB pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Nunukan dan faktor - faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Teori yang digunakan adalah pendekatan kualitas pelayanan model SERVQUAL (Service Quality) oleh Zeithaml et.al, (1990) dengan dimensi yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan penentuan informan secara purposive sampel dan insidental sampel. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara; studi dokumentasi, studi kepustakaan dengan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Standar Pelayanan dan SOP 1MB belum dilaksanakan secara maksimal dimana proses penerbitan IMB melebihi 14 (empat) hari dan herpengaruh pada kualitas pelayanan perizinan IMB khususnya pada indikator kesesuaian persyaratan yang dimohonkan terkait persyaratan gambar yang terasa memberatkan, SOP yang masih agak sulit dipahami pada dimensi Reability (Kehandalan) dan kecepatan petugas dalam memberikan pelayanan pada dimensi Responsiviness (Tanggap) yang dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat seperti faktor hukum, faktor aparatur pemerintah, faktor sarana, faktor masyarakat dan faktor kebudayaan. Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan perizinan IMB disarankan untuk membangun kantor yang lebih representatif, penambahan jumlah apatur pelaksana, mengupayakan penempatan tim teknis dari OPD berkantor di PTSP, menyatukan persepsi dan komitmen dari seluruh unsur pemerintah, melakukan review peraturan perundangan terkait IMB karena permasalahan yang timhul sesungguhnya karena berbenturan dengan peraturan daerah. Untuk memberikan kemudahan dan motivasi kepada masyarakat mengurus IMB beberapa inovasi yang dapat dilakukan seperti pemberian gambar gratis bagi bangunan rumah tinggal sederhana dengan tipe tertentu, pelimpahan pendatangan IMB ke Camat melalui mekanisme PATEN, fasilitasi antar jemput dokumen dan perlunya modemisasi pelayanan ke SIM perizinan berbasis IT. Pelayanan yang berkualitas akan berdampak pada optimalnya fungsi perizinan terse but dan akan berdampak pada peningkatan PAD Kabupaten Nunukan serta dipastikan fungsi pemanfaatan ruang dapat terwujud.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43285.pdf
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, faktor pendukung dan penghambat, quality of service, support and restricting factors
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.63 Government Workers (Pegawai Pemerintah)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 17 Dec 2018 08:50
Last Modified: 17 Dec 2018 08:50
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7838

Actions (login required)

View Item View Item