Pengaruh Kompensasi, Pengawasan dengan Disiplin Kerja sebagai Variabel Intervening terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kendawangan Kabupaten Ketapang

Ningsih, Erna Dwi (2018) Pengaruh Kompensasi, Pengawasan dengan Disiplin Kerja sebagai Variabel Intervening terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kendawangan Kabupaten Ketapang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43278.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu asset paling berharga yang dimiliki oleh suatu organisasi, pendidikan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia, selain sarana dan prasarana sekolah guru memegang peranan penting dalam menentukan usaha pencapaian tujuan pendidikan. Fenomena sekarang ini dimana anggaran pendidikan telah mencapai dua puluh persen dari total anggaran pendapatan belanja negara yang setengah dari anggaran tersebut dialokasikan untuk gaji dan tunjangan guru, walaupun kesejakteraan guru telah membaik tetapi pencapaian belajar siswa-siswi masih terpuruk, terbukti dari rendahnya nilai hasil ujian nasional dalam tiga tahun terakhir. Berdasarkan jumlah nilai ujian kabupaten Ketapang, kecamatan Kendawangan merupakan kecamatan dengan jumlah nilai ujian terendah tingkat kabupaten untuk tahun 2015 dan 2016. Hasil pengamatan yang dilakukan hal tersebut diduga dipengaruhi oleh faktor kompensasi, pengawasan dan disiplin dalam bekerja oleh guru pegawai negeri sipil pada sekolah dasar negeri di kecamatan kendawangan. Untuk menganalisis masalah tersebut maka digunakan 66 responden melalui metode nonprobability sampling yaitu Convenience Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei dengan alat bantu kuesioner tertutup, pengujian kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis jalur dengan uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis (uji t). Proses pengolahan data menggunakan aplikasi software SPSS Versi 16.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja yaitu sebesar 0,313, sehingga adanya peningkatan pemberian kompensasi akan meningkatkan disiplin kerja. Pengawasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja yaitu sebesar 0,406, sehingga adanya peningkatan pengawasan akan meningkatkan disiplin kerja. Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru yaitu sebesar 0,418, sehingga adanya peningkatan pemberian kompensasi akan meningkatkan kinerja guru. Pengawasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru yaitu sebesar 0,400, sehingga adanya peningkatan pengawasan akan meningkatkan kinerja guru. disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru yaitu sebesar 0,197, sehingga adanya peningkatan disiplin kerja akan meningkatkan kinerja guru. Pengaruh langsung dari variabel kompensasi terhadap kinerja merupakan pengaruh terbesar dalam penelitian ini yaitu sebesar 17,47. Dari hasil penelitian ini, ada beberapa hal yang dapat disarankan dalam rangka meningkatkan kinerja guru, antara lain masih perlu peningkatan jumlah kompensasi yang diberikan kepada karyawan, khususnya pemberian gaji/upah, masih perlu adanya peningkatan perbaikan atas penyimpangan yang terjadi, sehingga para guru dapat terus bekerja sesuai stan dar kerj a yang telah ditentukan, masih perlu adanya peningkatan perilaku yang taat terhadap peraturan, sehingga dapat meningkatkan kinerja guru pegawai negeri sipil di sekolah dasar negeri kecamatan kendawangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43278.pdf
Uncontrolled Keywords: kompensasi, pengawasan, disiplin kerja dan kinerja guru, compensation, supervision, work discipline and teacher performance
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 20 Dec 2018 06:26
Last Modified: 28 Feb 2019 01:23
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7855

Actions (login required)

View Item View Item