Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna BPJS Kesehatan Pada Puskesmas di Kabupaten Indragiri Hilir

Zainuddin, (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna BPJS Kesehatan Pada Puskesmas di Kabupaten Indragiri Hilir. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43446.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis sejauh mana bukti fisik (tangibles), perhatian (empaty), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), dan jaminan (assurance) dapat mempengaruhi kepuasan konsumen pengguna BPJS kesehatan pada puskesmas di Kabupaten Indragiri Bilir. Metode penelitian yang digunakan adalah survei atau metode sampling, yaitu data hanya dikumpulkan dari responden yang dijadikan sampel penelitian. Penelitian ini dilakukan di puskesmas yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir. Obyek penelitian yang dipilih adalah para pengguna kartu BPJS Kesehatan. Penelitian ini dilakukan dengan pengambilan data dari para responden. Data yang diambil adalah dari sampel yang mewakili seluruh populasi. Maka sampel yang diambil dari populasi harus betul-betul representatif (mewakili). Sampel menunjukkan bagian dari populasi yang memiliki karakteristik yang sama dan mewakili populasi penelitian. Adapun jumlah kecamatan yang dijadikan populasi sebanyak 20 kecamatan dengan jumlah penduduk Kabupaten lndragiri Hilir sebanyak 713.034 jiwa. Untuk memudahkan peneliti dalam mengambil jumlah sampel maka peneliti menetapkan jumlah total sampel yang diambil sebanyak 100 orang. Penentuan sampel penelitian digunakan dengan metode cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dalam hal ini untuk mengolah data yang diperoleh digunakan dua metode analisis SPPS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima variabel independen, seluruh variabel penelitian yang terdiri dari reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangible memiliki nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel dan memiliki hubungan secara parsial terhadap variabel dependen. Hasil uji F hitung dapat diperoleh hipotesis secara bersama sama variabel independen yang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan perhatian memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen yakni kepuasan pasien. Analisis koefisien korelasi dan determinasi memiliki pengaruh hubungan antara variabel independen yakni kualitas pelayanan terhadap variabel dependen kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43446.pdf
Uncontrolled Keywords: bukti fisik, perhatian, kehandalan, daya tanggap, jaminan, kepuasan pasien, tangibles, empathy, reliability, responsiveness, assurance, patient satisfaction
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.11 Hospitals and Related Institutions (Rumah Sakit)
300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 368 Insurance (Asuransi)
300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 368.3 Old Age, Death, Illness, Injury Insurance (Asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan)
300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 368.4 Government Sponsored Insurance (Asuransi Jaminan Sosial Pemerintah)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 27 Dec 2018 04:07
Last Modified: 27 Dec 2018 04:07
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7868

Actions (login required)

View Item View Item