Windyawati, (2018) Pengaruh Satisfaction Factor, Komitmen dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Lingkungan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43441.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
Kinerja guru merupakan elemen penting dalam pendidikan, selain itu merupakan penentu tinggi rendahnya kualitas pendidikan. Kinerja guru dilakukan oleh guru dalam melaksanakan tugas seorang guru sebagai pendidik perlu dilakukan suatu penelitian faktor-faktor apa saja yang dapat membantu kinerja guru terutama pada peningkatan kinerja guru di daerah. Keterbatasan sarana dan prasarana menyebabkan penyebaran sekolah-sekolah belum menjangkau seluruh daerah secara merata. Selain itu, kuantitas dan kualitas serta pendistribusian tenaga guru adalah persoalan lain yang juga harus diatasi. Baik secara kuantitas maupun kualitas, keberadaan tenaga guru atau pengajar masih terasa sangat kurang di Kecamatan Kempas. Sehingga menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan bahwa satisfaction factor, komitmen dan budaya kerja terhadap kinerja guru SD Negeri di lingkungan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir. Populasi berjumlah sebanyak 303 guru, sampel yang diteliti berjumlah 75 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode metode simple random sampling. lnstrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara parsial diketahui bahwa satisfaction factor tidak berpengaruh terhadap kinerja guru dengan t hitung < t tabel (1.261 < 1.993), komitmen berpengaruh terhadap kinerja guru dengan t hitung > t tabel (6.947 > 1.993), dan budaya kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja guru dengan –t hitung < -t tabel (-0.479 < -1.993). Secara simultan, diperoleh Fhitung > Ftabel (18.252 > 3.12), artinya ada pengaruh satisfaction factor, komitmen dan budaya kerja terhadap kinerja guru. Berdasarkan R Square diketahui bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen motivasi (X1), komitmen (X2) dan budaya kerja (X3) terhadap variabel dependen kinerja guru (Y) sebesar 0.412 atau (41%), dan sisanya sebesar 59% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.
Actions (login required)
View Item |