Pengaruh Satisfaction Factor, Komitmen dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Lingkungan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir

Windyawati, (2018) Pengaruh Satisfaction Factor, Komitmen dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Lingkungan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43441.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kinerja guru merupakan elemen penting dalam pendidikan, selain itu merupakan penentu tinggi rendahnya kualitas pendidikan. Kinerja guru dilakukan oleh guru dalam melaksanakan tugas seorang guru sebagai pendidik perlu dilakukan suatu penelitian faktor-faktor apa saja yang dapat membantu kinerja guru terutama pada peningkatan kinerja guru di daerah. Keterbatasan sarana dan prasarana menyebabkan penyebaran sekolah-sekolah belum menjangkau seluruh daerah secara merata. Selain itu, kuantitas dan kualitas serta pendistribusian tenaga guru adalah persoalan lain yang juga harus diatasi. Baik secara kuantitas maupun kualitas, keberadaan tenaga guru atau pengajar masih terasa sangat kurang di Kecamatan Kempas. Sehingga menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan bahwa satisfaction factor, komitmen dan budaya kerja terhadap kinerja guru SD Negeri di lingkungan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir. Populasi berjumlah sebanyak 303 guru, sampel yang diteliti berjumlah 75 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode metode simple random sampling. lnstrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara parsial diketahui bahwa satisfaction factor tidak berpengaruh terhadap kinerja guru dengan t hitung < t tabel (1.261 < 1.993), komitmen berpengaruh terhadap kinerja guru dengan t hitung > t tabel (6.947 > 1.993), dan budaya kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja guru dengan –t hitung < -t tabel (-0.479 < -1.993). Secara simultan, diperoleh Fhitung > Ftabel (18.252 > 3.12), artinya ada pengaruh satisfaction factor, komitmen dan budaya kerja terhadap kinerja guru. Berdasarkan R Square diketahui bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen motivasi (X1), komitmen (X2) dan budaya kerja (X3) terhadap variabel dependen kinerja guru (Y) sebesar 0.412 atau (41%), dan sisanya sebesar 59% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43441.pdf
Uncontrolled Keywords: kinerja guru, satisfaction factor, komitmen, budaya kerja, teacher performance, commitment, work culture
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 306 Culture and Institutions (Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi)
300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 331.256 Work Environment (Lingkungan Kerja)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3 Personnel Management (Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.31422 Job Satisfaction (Kepuasan Kerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 27 Dec 2018 06:32
Last Modified: 28 Dec 2018 07:58
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7871

Actions (login required)

View Item View Item