Kualitas Pelayanan Website Badan Pusat Statistik Provinsi Banten Menurut Pengunjung Pelayanan Statistik Terpadu (PST)

Makhfud, Roatul (2017) Kualitas Pelayanan Website Badan Pusat Statistik Provinsi Banten Menurut Pengunjung Pelayanan Statistik Terpadu (PST). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43392.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Website Badan Pusat Statistik Provinsi Banten (www.banten.bps.go.id) adalah layanan informasi berbasis web yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna data BPS. Website yang berkualitas akan membuat pelayanan publik yang dimiliki BPS Provinsi Banten dalam hal penyebarluasan data hasil kegiatan statistik menjadi lebih optimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan antara persepsi aktual dan harapan ideal pengunjung website terhadap kualitas layanan website Badan Pusat Statistik Provinsi Banten yang diukur dengan dimensi kualitas Webqual 4.0 yaitu: 1) Kegunaan, 2) Kualitas Informasi dan 3) Kualitas Interaksi Layanan. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan teknik Convinience Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 39 responden. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis dengan teknik Analysis Perbedaan (t-different test) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara persepsi aktual dan harapan ideal pengun jung website dalam dua dimensi kualitas website yaitu dimensi kualitas informasi dan kualitas interaksi layanan, dimana nilai persepsi lebih kecil dari pada harapan pengunjung website. Sementara itu, dimensi kualitas kegunaan menggambarkan tidak ada perbedaan (gap) yang signifikan antara persepsi aktual dan harapan ideal pengunjung website. Hal ini mengindikasikan bahwa pelayanan website BPS Provinsi Banten cukup berhasil pada dimensi kegunaan. Hasil diagram kartesius menunjukkan bahwa indikator website menyediakan informasi yang relevan, website menyediakan informasi yang mudah untuk dipahami, website menyajikan informasi dalam format yang sesuai, dan merasa aman untuk melakukan transaksi merupakan indikator yang harus menjadi prioritas utama dalam perbaikan oleh pengelola website BPS Provinsi Banten.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43392.pdf
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan website, perspepsi, harapan, webqual, analisis perbedaan dan importance performance analysis (IPA), quality of website services, perceptions, expectations, difference analysis and importance performance analysis (IPA)
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351.072 Research, Related Topics (Metode Riset Penelitian Administrasi Negara, Statistik Administrasi Negara)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 28 Dec 2018 07:03
Last Modified: 28 Dec 2018 07:03
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7881

Actions (login required)

View Item View Item