Hanni Sofia, (2018) Pengaruh Framing Terhadap Personal Branding dan Intensi Pemilih di Dki Jakarta dan JaWa Barat. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43290.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
Political marketing menjadi studi yang kekinian dalam konteks keilmuan dalam beberapa waktu terakhir ketika politik semakin menjadi lokomotif bagi lajunya perekonomian di sektor riil. Penelitian ini mengambil tema pemasaran politik yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan yang dilakukan melalui konstruksiframing kepada responden yang tinggal di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat sehingga terbentuk personal branding terhadap dua sosok pemimpin yang kemudian diharapkan mendorong intensi responden dalam memilih. Personal branding yang dibangun yakni pemimpin A yang kreatif dan inovatif dan pemimpin B yang tradisional dan berbudaya. Populasi responden dalam penelitian ini adalah masyarakat yang tinggal di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat sebanyak 305 orang dibagi dalam dua kategori yakni responden produktif dan responden nonproduktif. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling secara offiine dan online dengan desain penelitian eksperiman. Disain eksperimen ditunjang dengan metode kuesioner menghasilkan data dari analisis Manova dengan program SPSS versi 20. Variabel yang digunakan dalam penelitian meliputi framing, personal branding pemimpin A, personal branding pemimpin B, dan intensi pemilih dengan dua studi yang dilakukan di dalamnya. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara framing untuk membentuk konstruksi personal branding pemimpin dan intensi memilih seorang pemimpin dengan nilai sig <0.05 yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara framing yang dilakukan dalam mempengaruhi personal branding dan keinginan memilih masyarakat. Dari penelitian juga dapat diketahui bahwa masyarakat di DKI Jakarta dan Jawa Barat cenderung tinggi intensi memilihnya terhadap sosok pemimpin yang kreatif dan inovatif dengan jumlah pemilih menyatakan sangat ingin memilih mencapai 133 responden atau 43,5 persen.Simpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa konstruksi framing berpengaruh terhadap pembentukan personal branding sebagai bentuk pemasaran dalam meningkatkan intensi pemilih. Saran yang disampaikan yakni kontruksi framing efektif dilakukan untuk membentuk personal branding dalam meningkatkan keinginan untuk memilih pada masyarakat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43290.pdf |
Uncontrolled Keywords: | framing, personal branding, voter intention, political marketing. (taming. personal branding. intensi pemilih |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.81 Sales Management (Manajemen Pemasaran) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pemasaran |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 23 Jan 2019 09:30 |
Last Modified: | 23 Jan 2019 09:30 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7894 |
Actions (login required)
View Item |