Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Penalaran Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa MTs N Bandar Surabaya

Sukarni, (2017) Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Penalaran Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa MTs N Bandar Surabaya. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43414.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode penemuan terbimbing terhadap penalaran matematis dan motivasi belajar siswa MTs N Bandar Surabaya. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penemuan terbimbing dan pembelajaran konvensional yang digunakan untuk mengukur pengaruh penalaran matematis dan motivasi belajar siswa. Sampel diteliti dengan metode quasi aksperimen dengan desain posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX di MTs N Bandar Surabaya sebanyak 122 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dimana sampel diambil dua kelas yaitu kelas IX A yang memperoleh pembelajaran konvensional dan kelas IX B yang memperoleh pembelajaran penemuan terbimbing, dengan pertimbangan bahwa kedua kelas tersebut mempunyai tingkat kemampuan yang relative sama. Instrumen dalam penelitian berupa soal tes untuk mengetahui penalaran matematis dan angket untuk mengetahui motivasi siswa. Hasil penelitian adalah (1) Pembelajaran menggunakan metode penemuan terbimbing mempengaruhi penalaran matematis siswa, siswa, yang memperoleh pembelajaran menggunakan metode penemuan terbimbing rata-rata nilai yang didapat 76,87, nilai ini lebih besar dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional rata-rata nilai yang didapat 50,27. (2) perbedaan motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan metode penemuan terbimbing dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional yang dapat dilihat dari rata-rata skor motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen 60,13 lebih besar dari pada kelas kontrol 54,10. Secara umum penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode penemuan terbimbing berpengaruh positif dan signifikan tehadap penalaran matematis dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43414.pdf
Uncontrolled Keywords: Metode penemuan terbimbing, pengaruh, penalaran matematis, motivasi belajar siswa, Guided Invention Method, the influences, mathematical sense, Studying Motivation of Students
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 29 Jan 2019 05:00
Last Modified: 23 May 2019 04:38
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7929

Actions (login required)

View Item View Item