Herlina, (2017) Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru dan Hasil Belajar Siswa SD YPPK Kota Sorong. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43302.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Sertifikasi guru adalah program tunjangan sertifikasi yang ditujukan kepada para guru yang telah lulus dalam tes sertifikasi. Hasil dari sertifikasi pendidik diharapkan kompetensi guru sebagai pengajar akan meningkat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Dengan kompetensi guru yang memenuhi standar minimal dan kesejahteraan yang memadai diharapkan dalam mengelola proses pembelajaran dapat meningkat yang terlihat dari hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah untuk rnengetahui: (1) kineija guru bersertifikasi di SD YPPK Kota Sorong; (2) hasil belajar siswa yang diajarkan oleh guru bersertifikasi di SD YPPK Kota Sorong; (3) pengaruh sertifikasi guru terhadap kinerja guru di SD YPPK Kota Sorong; dan ( 4)pengaruh sertifikasi gum terhadap hasil belajar siswa di SD YPPK Kota Sorong. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik survei. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, yaitu seluruh populasi dijadikan sampel sehingga sampel yang didapatkan sebanyak 38 data sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kinerja guru bersertifikasi dan hasil belajar siswa di SD YPPK Kota Sorong tergolong baik; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan sertifikasi guru terhadap kineija guru SD YPPK Kota Sorong; dan (3)Terdapat pengaruh positif dan signifikan sertifikasi guru terhadap hasil belajar siswa SD YPPK Kota Sorong.
Actions (login required)
View Item |