Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru dan Hasil Belajar Siswa SD YPPK Kota Sorong

Herlina, (2017) Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru dan Hasil Belajar Siswa SD YPPK Kota Sorong. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43302.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sertifikasi guru adalah program tunjangan sertifikasi yang ditujukan kepada para guru yang telah lulus dalam tes sertifikasi. Hasil dari sertifikasi pendidik diharapkan kompetensi guru sebagai pengajar akan meningkat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Dengan kompetensi guru yang memenuhi standar minimal dan kesejahteraan yang memadai diharapkan dalam mengelola proses pembelajaran dapat meningkat yang terlihat dari hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah untuk rnengetahui: (1) kineija guru bersertifikasi di SD YPPK Kota Sorong; (2) hasil belajar siswa yang diajarkan oleh guru bersertifikasi di SD YPPK Kota Sorong; (3) pengaruh sertifikasi guru terhadap kinerja guru di SD YPPK Kota Sorong; dan ( 4)pengaruh sertifikasi gum terhadap hasil belajar siswa di SD YPPK Kota Sorong. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik survei. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, yaitu seluruh populasi dijadikan sampel sehingga sampel yang didapatkan sebanyak 38 data sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kinerja guru bersertifikasi dan hasil belajar siswa di SD YPPK Kota Sorong tergolong baik; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan sertifikasi guru terhadap kineija guru SD YPPK Kota Sorong; dan (3)Terdapat pengaruh positif dan signifikan sertifikasi guru terhadap hasil belajar siswa SD YPPK Kota Sorong.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43302.pdf
Uncontrolled Keywords: sertifikasi, kinerja guru, hasil belajar siswa, Certification, Teacher Performance, Student Learning Outcomes
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.07 Education, Research of Management (Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 29 Jan 2019 08:29
Last Modified: 18 Feb 2019 03:50
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7943

Actions (login required)

View Item View Item