Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD Negeri Polisi 1 Bogor (Kelas V Sd Negeri Polisi 1 Kota Bogor)

Yusup, Rhisna Rachmawati (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD Negeri Polisi 1 Bogor (Kelas V Sd Negeri Polisi 1 Kota Bogor). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43382.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis: Basil belajar siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (ST AD) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Keinampuan Berpikir Kritis Terhadap Basil Belajar IPS (Kelas V SD Negeri Polisi 1 Kota B9gor).Jenis penelitian tru adalah penelitian kuasi eksperimen dengan membandingkan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol Penelitian ini mengambil lokasi di SD Negeri Polisi 1 Kota Bogor. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi penelitian seluruh siswa di SD Negeri Polisi 1 berjumlah 1197 siswa. Sampel penelitian ini bukan siswa sebagai individu tetapi kelas. Sampel tingkatan ditetapkan dengan purposive sampling pada siswa kelas V. pengambilan sampel kelas dilakuk:an secara random sampling dari kelas V sebanyak 80 orang. Data diperoleh melalui soal instrumen dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis uji t dan uji r. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Kemampuan Berpikir Kritis berpengaruh positif terhadap Basil Belajar IPS (Kelas V SD Negeri Polisi 1 Kota Bogor). Hal ini berdasarkan analisis diperoleh t hitung > t tabel yaitu 8,088 > 2,024 dan nilai signifikan 0,000< 0,05. Dari perhitungan koefisien determinasi (R 2 ) = 0,633 artinya variabel Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Kemampuan Berpikir Kritis positif terhadap Basil Belajar IPS sebesar 63 %. Model Model pembelajaran kooperatif STAD dapat menjadikan siswa lebih bersemangat dalam pembelajaran IPS dan menciptakan suasana kelas yang lebih menyenangkan. Selain itu, pembelajaran kooperatif ST AD dapat mendukung pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Demikian pula, sekecil apapun pembelajaran diskusi pasti ada kontribusinya terhadap pengembangan hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43382.pdf
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achevement Division STAD, Kemampuan Berpikir Kritis, Basil Belajar Siswa
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.9598 Elementary Education in Indonesia (Pendidikan Dasar di Indonesia)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Apr 2019 09:04
Last Modified: 15 May 2019 02:21
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8114

Actions (login required)

View Item View Item