Karnita, (2017) Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar di Gugus II Kecamatan Cikande Kabupaten Serang Provinsi Banten. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43328.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang terdiri dari dua variable bebas yaitu gaya kepemimpinan kepala sekolah dan Kompetensi Pedagogik, serta variabel terikatnya adalah kinerja guru. Penelitian ini bertujuan tmtuk menganalisis hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi pedagogik dengan kinerja guru SD. Penelitian ini dilaksanakan di SD Gugus II di Kecamatan Cikande Kabupaten Serang pada tahun 2017. Jumlah sampel sebanyak 40 orang guru yang diambil secara proporsional random sampling dari populasi terjangkau sebanyak 90. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik korelasi dan regresi sederhana serta korelasi dan regresi ganda. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikasi 0,05. Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan: 1) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah (Xi) dengan kinerja guru (Y) dengan koefisien korelasi ry.I = 0, 534, dan persamaan regresi Y = 34,79+ 0,73 X1; 2) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kompetensi pedagogik (X2) dengan kinerja guru (Y) koefisien korelasi rv.2 =0,502 dan persamaan regresi Y=73,04+ l ,34X2; 3) terdapat hubungan posltif yang sangat signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi pedagogik secara bersamasama dengan kinerja guru koefisien korelasi ry. 12 = 0,593 dan persamaan regresi Y= 52,62+ 0,25 X1 + 1,15X2. Berdasarkan temuan penelitian ini kinerja guru ditingkatkan melalui adanya peningkatan kepemimpinan kepala sekolah dilakukan dengan cara: 1) kepala sekolah menggerakkan komponen sekolah, mendistribusikan pekerjaan secara merata, memberikan pembimbingan dan pengarahan, 2) Mensosialisasikan tugas-tugas pekerjaan 3 ). Menciptakan iklim kerja yang nyaman. Kinerja guru ditingkatkan melalui adanya peningkatan kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi pedagogik dilakukan dengan: I) bekerja secara profesional, bekerja keras, pantang menyerah, 2) mengedepankan hasil kerja yang terbaik dan 3) berusaha mendapatkan pengakuan penghargaan yang tinggi.
Actions (login required)
View Item |