Capaian Kualitas Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bintan Tahun 2017

Nauli, Riski (2017) Capaian Kualitas Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bintan Tahun 2017. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43390.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kualitas Pelayanan adalah Suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan dimana penilai kualitasnya ditentukan pada saat terjadinya pemberian pelayanan publik tersebut. Kualitas adalah tingkat baik buruknya sesuatu, derajat atau taraf serta mutu. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan capaian kualitas pelayanan rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bintan tahun 2017. Diharapkan dengan hasil penilaian pelanggan ini dapat diketahui tingkat capaian Kualitas Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bintan Tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif dan menurut waktunya merupakan penelitian "Cross SectionaI". Populasi penelitian ini adalah pasien atau keluarga pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bintan dan besar sampel yang diambil adalah sebanyak 120 orang/pasien. Pengisian data dilakukan dengan pengisian kuisioner. Data disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan perhitungan skala rating. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan sudah cukup di rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bintan yaitu pada dimensi tangible (Bukti Langsung) dengan mean 3,01, dimensi realibility (kehandalan) dengan mean 2,95, dimensi responsiveness (daya tanggap) dengan mean 2,94, dimensi assurance (jaminan) dengan mean 3,41, clan dimensi emphaty (empati) dengan mean 3,16. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan sudah cukup di rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bintan hanya saja dari lima dimensi kualitas masih ada tiga dimensi yang perlu dilakukan perbaikan yaitu dimensi responsiveness (daya tanggap) dengan mean 2,94, dimensi realibility (kehandalan dengan mean 2,95 dan pada dimensi tangible (Bukti Langsung) dengan mean 3,01. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan maka diharapkan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bintan dapat mengatasi hambatan-hambatan yang ada dalam upaya meningkatkan kualitas pdayanan di rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bintan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43390.pdf
Uncontrolled Keywords: Quality and Hospitalization, Kualitas dan Rawat Inap
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.11 Hospitals and Related Institutions (Rumah Sakit)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 01 Apr 2019 09:42
Last Modified: 01 Apr 2019 09:42
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8127

Actions (login required)

View Item View Item