Korelasi Antara Kualifikasi Pendidikan Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Gugus 01 Kecamatan Arjasa

Waskita, Wirida Sari (2017) Korelasi Antara Kualifikasi Pendidikan Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Gugus 01 Kecamatan Arjasa. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43562.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Motivasi kerja, tingkat pendidikan terbadap dan prestasi atau kinerja merupakan tiga komponen yang tidak dapat dipisahkan. Motivasi kerja merupakan syarat utama yang barus dimiliki oleh seorang guru dalam melaksanakan tugasnya. Sedangkan tingkat pendidikan merupakan batasan batasan khusus yang dimiliki seseorang untuk menjadi seorang guru yang akhirnya kedua komponen tersebut dapat menjadi indikator kinerja dari profesi seorang guru meqjadi tinggi atau rendah. Sedangkan kinerja merupakan dampak dari semua yang ditimbulkan dari motivasi kerja dan tingkat pendidikan giri yang dilakukan selama ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada korelasi antara kualifikasi pendidikan dan motivasi kerja dengan kinerja guru. Penelitian ini dilakukan pada guru kelas sekolah dasar di Gugus 01 Kecamatan Arjasa dengan jumlah responden sebanyak 42 responden. Variabel bebas pada penelitian ini adalah kualifikasi pendidikan dan motivasi kerja, sedangkan variabel terikat adalah kinerja guru. Teknik pengumpulan data variabel bebas menggunakan dokumentasi dan kuesioner (angket) dan instrumen pengumpul data berupa kuesioner dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas, reliabilitas dan normalitas. Teknik analisis data dalam mencari korelasi menggunakan rumus korelasi ganda taraf signifikansi 5%. Dari basil pebitungan diperoleb basil korelasi antara X1 (kualifikasi pendidikan) dan X2 (motivasi kerja) dengan Y (kinerja guru) sebesar 0,901 dengan tingkat bubungan sangat kuat. Dengan demikian, ada korelasi positif antara kualifikai pendidikan dan motivasi kerja guru kelas sekolah dasar dengan kinerja guru di Gugus 01 Kecamatan Arjasa. Dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif antara kualifikasi pendidikan dengan kineija guru, ada korelasi positif antara motivasi keija dengan kinerja guru, dan ada korelasi positif antara kualifikasi pendidikan dan motivasi keija dengan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43562.pdf
Uncontrolled Keywords: kualiflkasi pendidikan, motivasi kerja, kinerja guru
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other StudiesĀ for Elementary Education (Lain-lainĀ untuk Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.9598 Elementary Education in Indonesia (Pendidikan Dasar di Indonesia)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 11 Apr 2019 06:53
Last Modified: 15 Apr 2019 09:02
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8168

Actions (login required)

View Item View Item