Kontribusi Kegiatan Ekstrakurikuler Dan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Siswa SMA Negeri 1 Bonjol Kabupaten Pasaman

Zurefmi, Elfi (2017) Kontribusi Kegiatan Ekstrakurikuler Dan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Siswa SMA Negeri 1 Bonjol Kabupaten Pasaman. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43152.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Sebagai guru mata pelajaran seni budaya penulis ingin mengetabui faktor apa saja yang mempengaruhi basil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ( 1) kontribusi kegiatan ekstrakurikuler terbadap basil belajar siswa dalam mata pelajaran seni budaya, (2) kontribusi sarana dan prasarana terbadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran seni budaya, (3) kontribusi kegiatan ekstrakurikuler dan sarana dan prasarana secara bersama-sama terhadap basil belajar siswa dalam mata pelajaran seni budaya. Metoda dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalab siswa kelas XI IP A SMA Negeri 1 Bonjol Kabupaten yang berjumlab 111 orang dengan menggunakan seluruh populasi menjadi sampel yaitu 111 orang (total population). Tiga kuesioner yang bemama kegiatan ekstrakurikuler, sarana dan prasarana serta basil belajar digunakan untuk mengetabui persepsi mereka terhadap tiga variabel (ekstrakurikuler, sarana prasarana dan basil belajar) diberikan pada 111 siswa yang diteliti. Data yang diperoleb dari siswa dianalisis dengan menguji uji T dan uji F.. Hasil penelitian menunjukkan babwa kegiatan ekstrakurikuler berkontribusi sebesar 42,3% terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran seni budaya, sedangkan sarana prasarana memberikan kontribusi sebesar 37,7% terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran seni budaya. Secara simultan kontribusi sebesar 55,4%. Dari hasil penelitian ini disarankan kegiatan ekstrakurikuler yang telah dicapai perlu ditingkatkan sedangkan sarana dan prasarana yang relatif sudah baik agar dapat dipertahankan sehingga hasil belajar siswa dalam mata pelajaran seni budaya dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43152.pdf
Uncontrolled Keywords: Extracurricular Activities, Facilities and infrastructure, Student learning outcomes in Cultural Arts Subject, Kegiatan Ekstrakurikuler, Sarana dan prasarana , Hasil be/ajar siswa dalam Mata Pelajaran Seni Budaya
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.238 Upper Level Secondary School (Sekolah Menengah Atas, SMA)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Apr 2019 03:18
Last Modified: 12 Apr 2019 03:18
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8185

Actions (login required)

View Item View Item