Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru

Sobandi, Rahmat (2018) Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43525.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Keberhasilan dalam pengembangan kinerja guru ditentukan oleh kepala sekolah dengan beberapa faktor, yaitu; 1) merencanakan, 2) melaksanakan, 3) mengawasi atau mengendalikan serta 4) menyelaraskan semua sumber daya pendidikan. Prestasi kerja akan dapat dicapai jika melaksanakan tugas yang dibebankan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) untuk menganalisis hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, 2) hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja guru, dan 3) hubungan langsung antara kepemimpinan kepala sekolah dan inotivasi guru dengan kinerja guru. Metode yang digunakan adalah survey dengan pendekatan regresi. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang disusun berdasarkan indikator variabel penelitian. Sampel yang digunakan sebanyak 92 orang di Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur. Teknik analisis data menggunakan deskripsi, regresi sederhana dan regresi multivariat. Berdasarkan hasil analisis data, 1) diperoleh sig. 0,019 kurang dari 0,05 maka terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, 2) terdapat hubungan antara antara motivasi kerja dengan kinerja ditunjukan dari nilai sig. 0,024 < 0,05, dan 3) terdapat hubungan langsung antara kepemimpinan dan motivasi kerja dengan kinerja guru berdasarkan hasil perhitungan regresi multivarian diperoleh signifikan 0,039 kurang dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan langsung antara kepemimpinan dan motivasi kerja dengan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43525.pdf
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, kinerja guru, principal leadership, work motivation, teacher performance.
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2012 Principals (Kepala Sekolah)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Apr 2019 09:01
Last Modified: 16 Apr 2019 03:51
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8188

Actions (login required)

View Item View Item