Fauzi, Helyan (2017) Pengaruh Internal Locus Of Control Dan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Di Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43516.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh internal locus of control dan perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 orang guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mengajar di 3 SMP Negeri Kecamatan Tetap, Kabupaten Kaur. Pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara sensus. Hasil pengujian regresi berganda Y = 34,598 + 0,315XJ + 0,523X2+e menjelaskan bahwa variabel indenpenden (internal locus of control dan prilaku kepemimpinan kepala sekolah) berpengaruh positif terhadap kinerja guru di semua SMP Negeri Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur yang dijadikan sampel penelitian. Berdasarkan hasil uji simultan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan nilai signifikansi di bawah 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka hipotesis 3 dalam penelitian ini diterima artinya antara internal locus of control dan perilaku kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap variable terikatnya yaitu kinerja guru SMP di Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur. Hasil pengujian hipotesis pengaruh internal locus of control dengan kinerja gurudiperoleh nilai signifikansi sebesar 0,022 < 0,05. Dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 tersebut menunjukkan bahwa internal locus of control memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Hasil pengujian uji hipotesis pengaruh perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05. Dengan nilai signifikansi lebih kecil dari • 0,05 tersebut menunjukkan bahwa perilaku kepemmpinan kepala sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru.
Actions (login required)
View Item |