Pengaruh Internal Locus Of Control Dan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Di Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur

Fauzi, Helyan (2017) Pengaruh Internal Locus Of Control Dan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Di Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43516.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh internal locus of control dan perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 orang guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mengajar di 3 SMP Negeri Kecamatan Tetap, Kabupaten Kaur. Pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara sensus. Hasil pengujian regresi berganda Y = 34,598 + 0,315XJ + 0,523X2+e menjelaskan bahwa variabel indenpenden (internal locus of control dan prilaku kepemimpinan kepala sekolah) berpengaruh positif terhadap kinerja guru di semua SMP Negeri Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur yang dijadikan sampel penelitian. Berdasarkan hasil uji simultan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan nilai signifikansi di bawah 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka hipotesis 3 dalam penelitian ini diterima artinya antara internal locus of control dan perilaku kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap variable terikatnya yaitu kinerja guru SMP di Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur. Hasil pengujian hipotesis pengaruh internal locus of control dengan kinerja gurudiperoleh nilai signifikansi sebesar 0,022 < 0,05. Dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 tersebut menunjukkan bahwa internal locus of control memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Hasil pengujian uji hipotesis pengaruh perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05. Dengan nilai signifikansi lebih kecil dari • 0,05 tersebut menunjukkan bahwa perilaku kepemmpinan kepala sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43516.pdf
Uncontrolled Keywords: Internal locus of control, kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru, principal leadership, teacher performance.
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2012 Principals (Kepala Sekolah)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School (Sekolah Menengah Pertama, SMP)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3 Personnel Management (Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Apr 2019 09:01
Last Modified: 16 Apr 2019 02:46
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8211

Actions (login required)

View Item View Item