Analisis tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SDN 002 Batam Kota Di Kecamatan Batam Kota

Yumaroh, (2018) Analisis tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SDN 002 Batam Kota Di Kecamatan Batam Kota. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43490.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca siswa kelas I SDN 002 Batam kota dan Mendeskripsikan Faktor - Faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca siswa kelas I SDN 002 Batam Kota . Berdasarkan hasit observasi yang dilakukan di kelas I SDN 002 Batam Kota di Kecamatan Batam Kota nampak bahwa kemampuan membaca siswa ada yang mampu mernbaca dan belum mampu membaca. Observasi Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.lnforman penelitian ini adalah guru kelas ,siswa, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data menggunakan langkah - langkah reduksi data,display data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor - faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca siswa Kelas I SDN 002 Batam Kota di Kecamatan Batam Kota diantaranya siswa yang mampu membaca berdasarkan Faktor Fisiologis mencakup kesehatan fisik anak,kondisi fisik yang normal,sehat, tidak terdapat cacat, Jenis kelamin,Kelelahan.Faktor Intelektual terdapat hubungan positif antara kecerdasan yang diindikasikan oleh IQ dengan rata-rata peningkatan remedial, Faktor Lingkungan mencakup latar belakang pengalaman anak dan status sosial ekonomi keluarga, Faktor psikologis rnencakup rnotivasi minat anak tinggi, kematangan sosio, emosi dan penyesuaian diri.Dan Faktor - faktor yang mempengaruhi siswa yang belum mampu membaca diantaranya Faktor Fisiologis anak mengalami gangguan kesehatan mata dan telinga,ketahanan fisik lemah.Faktor Intelektual anak dalam bertindak belum sesuai tujuan,Faktor Psikologis siswa mempunyai minat dan motivasi yang masih,mudah marah,bereaksi berlebihan saat mendapatkan sesuatu,kurang percaya diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43490.pdf
Uncontrolled Keywords: Faktor - faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca kelas I Sekolah Dasar, Evaluation, students reading ability, influencing factors.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other Studies for Elementary Education (Lain-lain untuk Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.9 Historical, Geographic, Person Treatment of Elementary Education (Pendidikan Dasar di Lokasi Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 16 Apr 2019 02:50
Last Modified: 16 Apr 2019 02:50
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8219

Actions (login required)

View Item View Item