Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Madrasah Aliyah Kabupaten Karimun

Sudir, (2017) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Madrasah Aliyah Kabupaten Karimun. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43216.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh gaya kepemimpinan dan kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru Madrasah Aliyah Kabupaten Karimun. Seorang kepala sekolah bisa memiliki salah satu atau lebih dari gaya kepemimpinan dalam penerapannya sehari-hari di sekolah, antara lain gaya kepemimpinan yang memberitahu, melatih, mendukung, dan mendelegasikan. Di samping itu, seorang kepala sekolah juga harus memiliki Kecerdasan emosional yang terdiri atas ranah intrapribadi, ranah antar pribadi, ranah penyesuaian diri, ranah pengendalian stress, dan ranah suasana hati umum. Sampel diambil pada bulan Oktober 2016, dengan total jumlah guru 78 orang di sekolah Madrasah Aliyah Kabupaten Karimun. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan random sampling, dan diolah dengan menggunakan software SPSS versi 20. Penelitian ini menyimpulkan bahwa gaya kepemimpinan seorang kepala sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja guru, dan kecerdasan emosional kepala sekolah juga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja guru. Juga ditemukan bahwa dua variabel gaya kepemimpinan dan kecerdasan emosional berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan kerja guru Madrasah Aliyah Kabupaten Karimun.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43216.pdf
Uncontrolled Keywords: Kepuasan kerja guru, gaya kepemimpinan dan kecerdasan emosional, teacher job satisfaction, leadership style and emotional intelligence.
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150-159 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.4 Leadership (Kepemimpinan yang Berkaitan dengan Psikologi)
300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2 School Administration (Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2012 Principals (Kepala Sekolah)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.31422 Job Satisfaction (Kepuasan Kerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 May 2019 02:26
Last Modified: 24 May 2019 06:50
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8275

Actions (login required)

View Item View Item