Sudir, (2017) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Madrasah Aliyah Kabupaten Karimun. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43216.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh gaya kepemimpinan dan kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru Madrasah Aliyah Kabupaten Karimun. Seorang kepala sekolah bisa memiliki salah satu atau lebih dari gaya kepemimpinan dalam penerapannya sehari-hari di sekolah, antara lain gaya kepemimpinan yang memberitahu, melatih, mendukung, dan mendelegasikan. Di samping itu, seorang kepala sekolah juga harus memiliki Kecerdasan emosional yang terdiri atas ranah intrapribadi, ranah antar pribadi, ranah penyesuaian diri, ranah pengendalian stress, dan ranah suasana hati umum. Sampel diambil pada bulan Oktober 2016, dengan total jumlah guru 78 orang di sekolah Madrasah Aliyah Kabupaten Karimun. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan random sampling, dan diolah dengan menggunakan software SPSS versi 20. Penelitian ini menyimpulkan bahwa gaya kepemimpinan seorang kepala sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja guru, dan kecerdasan emosional kepala sekolah juga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja guru. Juga ditemukan bahwa dua variabel gaya kepemimpinan dan kecerdasan emosional berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan kerja guru Madrasah Aliyah Kabupaten Karimun.
Actions (login required)
View Item |