Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Produktivitas Kerja Guru PNS SDN Di Kecamatan Cireunghas Kabupaten Sukabumi

Yuningsih, Nani (2018) Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Produktivitas Kerja Guru PNS SDN Di Kecamatan Cireunghas Kabupaten Sukabumi. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43536.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah terdapat hubungan antara kepemimpinan Transformasional dengan produktivitas kerja guru. 2) mengetahui dan mendeskripsikan apakah terdapat hubungan antara motivasi berprestasi dengan produktivitas kerja guru. 3) mengetahui dan mendeskripsikan apakah terdapat hubungan antara kepemimpinan transformasional dan motivasi berprestasi secara bersama sama dengan produktivitas kerja guru. Penelitian telah dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Cireunghas Kabupaten Sukabumi. Metode survey dengan pendekatan regresi. Populasi sebanyak 104 guru, sampel sebanyak 83 guru. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dan inferensial. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa 1) Terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah (X1) dengan Produktivitas Kerja Guru (Y) ditunjukkan dengan koefisien korelasi ry1 = 0,514 dan koefisien determinasi R Square = 0,475 artinya bahwa Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah memberikan kontribusi sebesar 47,5% terhadap Produktivitas Kerja Guru. 2) Terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara Motivasi Berprestasi dengan Produktivitas Kerja Guru. Kekuatan ditunjukkan dengan koefisien korelasi ry2 = 2,921 dan koefisien determinasi R Square= 0,773 artinya bahwa Motivasi Berprestasi memberikan kontribusi sebesar 77,3 % terhadap Produktivitas Kerja Guru. 3) Terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah (X1) dan Motivasi Berprestasi (X2) secara bersama-sama dengan Produktivitas Kerja Guru (Y). Kadar hubungan keduanya ditunjukkan dengan koefisien korelasi ry12 = 4,091 dan koefisien determinasi R Square= 0,805 yang berarti bahwa Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru secara bersama-sama mempunyai kontribusi sebesar 80,5% terhadap Produktivitas Kerja Guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43536.pdf
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi berprestasi guru, produktivitas kerja guru pns, transformational leadership of school principals, teacher achievement motivation, civil servant teacher work productivity.
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2012 Principals (Kepala Sekolah)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 06 May 2019 03:15
Last Modified: 23 May 2019 05:43
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8297

Actions (login required)

View Item View Item