Implementasi Good Governance Pada Rekrutmen Pegawai Negeri Sipil Di Kabupaten Pidie

Jabannur, Muhammad (2016) Implementasi Good Governance Pada Rekrutmen Pegawai Negeri Sipil Di Kabupaten Pidie. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43107.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Good Governance di Kabupaten Pidie sudah mulai sejak Reformasi, dimana pada era tersebut telah terjadi perombak.an sistem pemerintahan yang menuntut proses demokrasi yang bersih sehingga Good Governance merupakan salah satu alat Reformasi yang mutlak diterapkan dalam pemerintahan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah implementasi prinsip-prinsip Good Governance dalam perekrutan Pegawai Negeri Sipil, kendala yang dihadapi oleh pemerintah Kabupaten Pidie dalam implementasi Good Governance pada perekrutan Pegawai Negeri Sipil dan langkah langkah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pidie untuk mengatasi kendala dalam implementasi Good Governance pada perekrutan Pegawai Negeri Sipil. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Pendekatan ini digunakan karena data yang diperoleh adalah data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis dan Lisan dari orang-orang serta berupa dokumen atau perilaku yang diamati dengan subyek penelitian yaitu Bupati Pidie, Asisten Pemerintahan, Para Lembaga Swadaya Masyarakat dan beberapa anggota Legislatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Good Governance dalam perekrutan Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Pidie menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Kendala yang dihadapi adalah tidak tersedianya gedung/ ruang dilaksanakannya kegiatan tes, tidak adanya komputer untuk pelaksanaan CAT, terbatasnya ruang penerimaan berkas para peserta, minimnya alokasi anggaran yang disediakan, lambatnya jaringan internet tidak adanya Genset listrik, keterlambatan peserta saat mengikuti tes, minimnya karyawan, peserta yang tidak memiliki e-ktp, peserta terlambat hadir, dan susahnya calon peserta dalam melakukan proses pendaftaran one line. Langkah-langkah yang dilakukan adalah menyewa gedung, menyewa komputer, melakukan proses penerimaan berkas di dua tempat dalam gedung dan luar gedung, menempatkan seorang teknisi jaringan internet, menyediakan Genset listrik, merekrut beberapa karyawan PNS yang bertugas di secretariat, memberikan kesempatan bagi para peserta yang tidak memiliki e-ktp untuk di leges di Dinas kependudukan dan pencatatan sipil, memberi arahan kepada peserta tes. Saran yaitu kepada pemerintah kabupaten pidie kiranya selalu serius dalam implementasi Good Governance, agar menjadi pemerintahan yang diharapkan rakyat pidie, kepada pihak lembaga swadaya dan DPRK agar terus melakukan pemantauan dan memberikan masukan bagi pemerintah dalam implementasi Good Governance, serta membantu pihak pemerintah dalam mensosialisasikan setiap kebijakan dan kepada Masyarakat, agar jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu yang tidak jelas yang bertujuan memojokkan pemerintah dan mencari kejelasan setiap kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah dan selalu memberik.an masukan yang membangun.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43107.pdf
Uncontrolled Keywords: Implementasi dan Good Governance dan Pegawai Negeri Sipil, Implementation and Good Governance and Civil Servants
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.63 Government Workers (Pegawai Pemerintah)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 06 May 2019 05:40
Last Modified: 07 May 2019 01:46
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8302

Actions (login required)

View Item View Item