Pengaruh Supervisi Akademik Dan Implementasi Aspek Pedagogik Terhadap Kinerja Mengajar Guru PAUD Se Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota

Suryati, (2017) Pengaruh Supervisi Akademik Dan Implementasi Aspek Pedagogik Terhadap Kinerja Mengajar Guru PAUD Se Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43221.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh supervisi akademik dan implementasi aspek pedagogik terhadap kinerja mengajar guru PAUD di Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota. Hipotesis yang diajukan adalah; (I) supervisi akademik berpengaruh signifikan terhadap kinerja mengajar guru,(2) implementasi aspek pedagogik berpengaruh signifikan terhadap kinerja mengajar guru, (3) supervisi akademik dan implementasi aspek pedagogik secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja mengajar guru. Sampel penelitian ini adalah 50 orang guru PAUD Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat. Penarikan sampel semua populasi dijadikan sampel. Untuk menguji hubungan dan pengaruh antar variable dependen dan independen, data dianalisis regresi berganda menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi akademik berpengaruh signifikan terhadap kinerja mengajar guru, implementasi aspek pedagogik berpengaruh signifikan terhadap kinerja mengajar guru. Secara bersama-sama variabel supervisi akademik dan implementasi aspek pedagogik berpengaruh signifikan terhadap kinerja mengajar guru sebesar 68 ,10 %. Kedua variabel bebas tersebut memiliki perauau penting dan secara empiris turut berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja mengajar guru disamping faktor-faktor lain yang tidak dibicarakan dalam penelitian ini. Dengan kata lain kinerja mengajar guru dapat ditingkatkan melalui upaya peningkatan supervisi akademik yang efektif dan implementasi aspek pedagogik yang tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43221.pdf
Uncontrolled Keywords: supervisi, pedagogik, kinerja mengajar guru, supervision, pedagogy, teaching performance.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School (Pendidikan Pra Sekolah)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 06 May 2019 06:18
Last Modified: 06 May 2019 06:18
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8305

Actions (login required)

View Item View Item