Suryati, (2017) Pengaruh Supervisi Akademik Dan Implementasi Aspek Pedagogik Terhadap Kinerja Mengajar Guru PAUD Se Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43221.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh supervisi akademik dan implementasi aspek pedagogik terhadap kinerja mengajar guru PAUD di Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota. Hipotesis yang diajukan adalah; (I) supervisi akademik berpengaruh signifikan terhadap kinerja mengajar guru,(2) implementasi aspek pedagogik berpengaruh signifikan terhadap kinerja mengajar guru, (3) supervisi akademik dan implementasi aspek pedagogik secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja mengajar guru. Sampel penelitian ini adalah 50 orang guru PAUD Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat. Penarikan sampel semua populasi dijadikan sampel. Untuk menguji hubungan dan pengaruh antar variable dependen dan independen, data dianalisis regresi berganda menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi akademik berpengaruh signifikan terhadap kinerja mengajar guru, implementasi aspek pedagogik berpengaruh signifikan terhadap kinerja mengajar guru. Secara bersama-sama variabel supervisi akademik dan implementasi aspek pedagogik berpengaruh signifikan terhadap kinerja mengajar guru sebesar 68 ,10 %. Kedua variabel bebas tersebut memiliki perauau penting dan secara empiris turut berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja mengajar guru disamping faktor-faktor lain yang tidak dibicarakan dalam penelitian ini. Dengan kata lain kinerja mengajar guru dapat ditingkatkan melalui upaya peningkatan supervisi akademik yang efektif dan implementasi aspek pedagogik yang tinggi.
Actions (login required)
View Item |