Sistem Pembiayaan dan Faktor Lain yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien RSGM Prof Soedomo Yogyakarta

Siswoyo, Stefanus (2017) Sistem Pembiayaan dan Faktor Lain yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien RSGM Prof Soedomo Yogyakarta. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43412.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan respon evaluatif, afektif, dan emosional yang berhubungan dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit maupun dokter. Metode paling umum yang digunakan untuk menilai kepuasan pasien adalah dengan menilai kualitas pelayanan khususnya dengan menggunakan metode SERVQUAL. Metode ini menilai kualitas pelayanan yang diterima pasien dalam lima dimensi yaitu reliability, tangible, assurance, responsiveness, dan empathy. Tujuan dari penelitian ini ada]ah menganalisa faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di RSGM Prof Soedomo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional dengan delapan puluh responden yang diambil dari RSGM Prof Soedomo Yogyakarta. Data dianalisis dengan uji t-test independen dan uji linier regresi berganda. Analisis bivariat menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara jenis pembayaran dan tingkat pendapatan dengan kepuasan pasien (p<0,005). Analisis multivariat menunjukan bahwa jenis pembayaran dan tingkat pendapatan merupakan hal yang berhubungan dengan kepuasan pasien. Kesimpulan yang didapat menyatakan bahwa terdapat hubungan antara jenis pembayaran dan tingkat pendapatan seseorang dengan kepuasan pada RSGM Prof Soedomo Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43412.pdf
Uncontrolled Keywords: kepuasan pasien, kualitas pelayanan, servqual, sistem pembiayaan, patient satisfaction, service quality, servqual, types of payment.
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.11 Hospitals and Related Institutions (Rumah Sakit)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Keuangan
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 06 May 2019 07:38
Last Modified: 06 May 2019 07:38
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8309

Actions (login required)

View Item View Item