Implementasi Kebijakan Pendidikan Daerah Perbatasan Kecamatan Lumbis Ogong Kabupaten Nunukan

Limbong, Natal (2018) Implementasi Kebijakan Pendidikan Daerah Perbatasan Kecamatan Lumbis Ogong Kabupaten Nunukan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43687.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan pendidikan daerah perbatasan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan narasumber yaitu kepala UPT DISDIK Lumbis, Camat Lumbis Ogong, Komite SMPN I Lumbis Ogong, Guru SO dan SMP, serta Tokoh Masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Lumbis Ogong Kabupaten Nunukan dengan teknik pengumpulan data yaitu melalui pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan penyajian data dengan menggunakan model analisis interaktif data.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pendidikan daerah perbatasan Lumbis Ogong mengalami kekurangan dari segi, sumber daya manusia, dimana di beberapa sekolah mengalami kekurangan tenaga guru karena belum adanya pemerataan guru di masing-masing sekolah. Selain itu juga ketidaklengkapan sarana dan prasarana pendidikan, seperti kekurangan buku-buku paket, tidak tersedianya Laboratorium IPA dan Bahasa beserta kelengkapan laboratoriumnya. Kekurangan alat-alat olahraga beserta fasilitas lapangannya, rumah dinas dan gedung sekolah yang rusak:. serta mahalnya biaya transportasi dikarenakan akses jalan melalui sungai. Dan alat komunikasi yang belum memadai. Adapun sumber dana kekurangan bantuan operasional sekolah tidak mencukupi untuk menunjang prasarana kebutuhan sekolah yang diterima belum cukup untuk menutupi kekurangan-kekurangan yang ada, serta sistem pengelolaan pendidikan yang merata tidak dapat menjangkau sekolah yang lokasinya sangat jauh.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43687.pdf
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Pendidikan Daerah Perbatasan, implementation policy, education in border area.
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.14 Local Administration, Provinces (Administrasi Lokal, Provinsi)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 10 May 2019 07:04
Last Modified: 17 May 2019 02:46
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8351

Actions (login required)

View Item View Item