Pengaruh Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Peserta Didik di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya

Muharom, Tria (2013) Pengaruh Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Peserta Didik di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41584.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik selama ini kurang dikembangkan dengan baik. Hal ini disebabkan faktor kepasifan dari peserta didik dan pemilihan model pembelajaran yang kurang relevan yang berpengaruh terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik. Dalam upaya meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik, penerapan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) diharapkan dapat meningkatkan keaktifan peserta didik sehingga mampu mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol hanya posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK Negeri di Wilayah Timur Kabupaten Tasikmalaya, yaitu SMK Negeri Manonjaya. Sampel satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol diambil secara acak (random). Analisis hipotesis dilakukan dengan uji-t, Anova duajalur, dan korelasi Pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) kemampuan penalaran matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung; (2) kemampuan penalaran matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung berdasarkan level kemampuan awal; (3) kemampuan komunikasi matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung; (4) kemampuan komunikasi matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Iebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung berdasarkan level kemampuan awa1; serta (5) terdapat korelasi antara kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41584.pdf
Uncontrolled Keywords: Kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik selama ini kurang dikembangkan dengan baik. Hal ini disebabkan faktor kepasifan dari peserta didik dan pemilihan model pembelajaran yang kurang relevan yang berpengaruh terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik. Dalam upaya meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik, penerapan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) diharapkan dapat meningkatkan keaktifan peserta didik sehingga mampu mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol hanya posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK Negeri di Wilayah Timur Kabupaten Tasikmalaya, yaitu SMK Negeri Manonjaya. Sampel satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol diambil secara acak (random). Analisis hipotesis dilakukan dengan uji-t, Anova duajalur, dan korelasi Pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) kemampuan penalaran matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung; (2) kemampuan penalaran matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung berdasarkan level kemampuan awal; (3) kemampuan komunikasi matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung; (4) kemampuan komunikasi matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Iebih baik dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung berdasarkan level kemampuan awa1; serta (5) terdapat korelasi antara kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 04 Aug 2016 02:38
Last Modified: 04 Aug 2016 02:38
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/838

Actions (login required)

View Item View Item