Andika, Devi (2018) Profesionalisme Protokol Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43514.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Fungsi Pemerintahan pada umumnya berupa penyediaan layanan Umum, Pengaturan dan Perlindungan Masyarakat serta Pembangunan dan Pengembangan. Begitu juga di Kepulauan Riau, tugas keprotokolan diampu oleh Biro Humas Protokol dan Penghubung. Biro tersebut mempunyai tugas menyiapkan perumusan kebijakan, mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi pemantauan dan evaluasi program kegiatan dan penyelenggaraan pembinaan teknis, administrasi dan sumberdaya di bidang penyelenggaraan kehumasan, keprotokolan, dan penghubung. Dalam menjalankan tugasnya harus mengutamakan profesionalisme untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas .Namun Kenyataannya belum semua staf dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Terdapat prosedur pelayanan yang berbelit belit, pembatalan acara secara sepihak, kurang koordinasi dalam memprioritaskan kegiatan layanan publik, beban kerja staf yang tidak merata, staf yang kurang disiplin dan menolak tugas dengan alasan yang tidak jelas. Tujuan penelitian untuk menganalisis profesionalisme dan kualitas pelayanan Biro Humas Protokol dan Penghubung. Desain Penelitian adalah penelitian kualitatif, dilaksanakan di Tanjungpinang Desember 2017- Januari 2018. Informan adalah enam staf bagian protokol. Triangulasi oleh Kepala Bagian protokol dan tamu kepala daerah .. Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Pengolahan data melalui proses reduksi data, penyajian data, validasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian : dalam hal profesionalisme bagian protokol memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang baik, mandiri, berintegritas, equality baik, loyalty baik, accountability baik namun belum memiliki equity yang baik. Dalam hal kualitas sudah memiliki fasilitas yang baik, handal memberikan informasi, melancarkan prosedur, belum memudahkan teknis pelayanan, cermat melayani tamu dan sudah memiliki SOP, tanggap terhadap kritikan, melakukan pelayanan dengan tetap, namun belum merespon keluhan dengan baik. Memiliki kemampuan administrasi dan teknis yang baik, memiliki perhatian dan kepedulian terhadap lingkungan dan tidak diskriminatif dalam melakukan pelayanan. Diharapkan adanya peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan adanya arahan pimpinan sebelum melaksanakan tugas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43514.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Profesionalisme, Kualitas, Pelayanan, Protokol, Professionalism, Quality, Service, Protocol |
Subjects: | 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.14 Local Administration, Provinces (Administrasi Lokal, Provinsi) 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.63 Government Workers (Pegawai Pemerintah) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 15 May 2019 02:52 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 03:59 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8382 |
Actions (login required)
View Item |