Efektivitas Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) dengan berbantuan Chart materi Lingkaran Kelas VIII

Yulisanti, Trisari Ida (2013) Efektivitas Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) dengan berbantuan Chart materi Lingkaran Kelas VIII. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41414.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Materi Lingkaran termasuk materi yang sulit dipahami siswa dikarenakan mengandung pengertian-pengertian yang abstrak, maka guru tidak mudah membawa siswa memahami materi tersebut, untuk itu diperlukan pembelajaran yang memberi kesempatan siswa terlibat aktif. Agar siswa aktif siswa perlu diberi tugas individu maupun kelompok. Bekerja pada kelompok heterogen memberi kesempatan siswa saling mengajar dan saling mendukung. Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) berbantuan chart adalah metode pembelajaran yang memberi kesempatan siswa terlibat dalam pembelajaran mulai dari membaca, merangkum, membuat soal dan pemecahannya secara pribadi kemudian mendiskusikannya dalam kelompok yang heterogen, mempersiapkan chart dan mempresentasikannya di depan kelas seperti layaknya guru mengajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan pembelajaran mencapai efektif yang ditandai (1) tuntas pada variabel dependennya, (2) adanya pengaruh positif variabel independen terhadap variabel dependen dan (3) kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi semua siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 2 Limpung Kabupaten Batang tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 6 rombel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling terpilih 2 kelas yaitu kelas VIIIA sebagai kelompok eksperimen, kelas VIIIC sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini memuat 3 variabel yaitu keaktifan, ketrampilan pemecahan masalah dan kemampuan pemecahan masalah. Pengambilan data keaktifan dan ketrampilan pemecahan masalah melalui pengamatan dan kemampuan pemecahan masalah melalui tes tertulis. Analisa data meliputi uji ketuntasan (One Sampel T Test), uji pengaruh (Regresi linear/ ANOVA), dan uji perbedaan (Independent Smpel T Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Pembelajaran berbalik berbantuan chart efektif pada materi lingkaran. Hal ini ditunjukkan dengan (1) kemampuan pemecahan masalah siswa dapat mencapai KKM yaitu 70,81 (2) terdapat pengaruh positif keaktifan belajar dan ketrampilan pemecahan masalah pada pembelajaran berbalik berbantuan chart terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 84,5%, dan (3) kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol sebab kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai 70,81 dengan ketuntasan belajar klasikal 88,5% sedang kelas kontrol rata-ratanya 58,69 dengan ketuntasan klasikal 4%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41414.pdf
Uncontrolled Keywords: activity, problem-solving skill, problem- solving ability, Reciprocal Teaching,keaktifan, ketrampilan pemecahan masalah, kemampuan pemecahan masalah, Reciprocal Teaching
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 04 Aug 2016 02:45
Last Modified: 04 Aug 2016 02:45
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/839

Actions (login required)

View Item View Item