Korelasi Antara Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Dan Efektivitas Kinerja Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar

Sari, Richa Andriana (2018) Korelasi Antara Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Dan Efektivitas Kinerja Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43593.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar banyak permasalahan yang timbul karena keunikan siswa, perbedaan latar belakang siswa, dan juga akibat perubahan kurikulum. Hal ini merupak.an tantangan bagi seorang guru untuk selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran. Salah satu tolak ukur keberhasilan sekolah sebagai penyelenggara pendidikan adalah kinerja guru. Kualitas pembelajaran yang baik sangat dipengaruhi oleh kinerja guru yang baik pula. Guru merupakan unsur terpenting dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang disebut sebagai hasil belajar. Memanfaatkan lingkungan sekitar merupakan salah satu cara yang efektif untuk memusatkan perhatian siswa pada saat berlangsungnya proses pembelajaran, mengkonkretkan informasi, dan merupakan sarana belajar yang tidak ada habisnya. Pemanfaatan lingkungan sekitar dalam pembelajaran membantu siswa dalam memahami materi yang dipelajari dengan menghubungkan materi pelajaran dengan konteks atau lingkungan yang mereka temui dalam kesehariannya. Oleh sebab itulah, pemanfaatan lingkungan sekolah dalam pembelajaran dan efektivitas kinerja guru diasuransikan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan rancangan penelitian kuantitatif bersifat korelasional ex post facto yang dilaksanakan untuk mengetahui korelasi antara; l) pemanfaatan lingkungan sekolah dengan hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, 2) efektivitas kinerja guru dengan hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, 3) pemanfaatan lingkungan sekolah dan efektivitas kinerja guru dengan hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar sejumlah 814 siswa. Dari populasi tersebut diambil sampel dengan metode proportionate stratified random sampling dan diperoleh sejumlah 269 siswa dari 17 SDN di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Teknik pengumpulan data berupa studi dokumentasi (daftar nilai) dan kuesioner (angket). Dalam teknik pengumpulan data berupa kuesioner, peneliti menggunakan angket yang disebarkan dan diisi oleh siswa yang termasuk dalam sampel penelitian. Kemudian dari instrumen penelitian tersebut data diolah dengan menggunakan analisis regresi ganda dengan program SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa l) ada korelasi positif antara pemanfaatan lingkungan sekolah dengan hasil bell\iar siswa yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,372 dengan p = 0,000 (p<0,005), 2) ada korelasi positif antara efektivitas kinerja guru dengan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,584 dengan p = 0,000 (p<0.005), 3) ada korelasi positif antara pemanfaatan lingkungan sekolah dan efektivitas kinerja guru dengan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi Nilai R sebesar 0,363

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43593.pdf
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, efektivitas kinerja guru, pemanfaatan lingkungan Sekolah, students' achievement, utilizing school environment, effective of teacher's performance
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 22 May 2019 06:57
Last Modified: 22 May 2019 06:57
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8446

Actions (login required)

View Item View Item