Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Disposisi Matematis Melalui Pendekatan Model PBL Dengan Model Kooperatif TPS

Desrina, (2018) Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Disposisi Matematis Melalui Pendekatan Model PBL Dengan Model Kooperatif TPS. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43513.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pendekatan pembelajaran model Problem Based Learning lebih tinggi daripada pendekatan pembelajaran model kooperatif Think Pair and Share serta seberapa besar peningkatan disposisi matematis siswa melalui pendekatan model PBL dengan pendekatan model kooperatif TPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompok two groups design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDS Ccndana Kccamatan Batam Kota yang berjumlah 129 siswa. Sampel dalam penelitian ini diarnbil dua kelas sebagai kelas eksperirncn-1 yang mendapat pembelajaran model Problem Based Learning dan kelas eksperimen-2 yang mendapat pembelajaran model kooperatif Think Pair and Share dengan jumlah 30 siswa di masing masing kelas. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan penalaran matematis dan lembar angket disposisi matematis. Analisis data dilakukan terhadap rata rata pretest, posttest, angket awal dan angket akhir. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa peningkatan kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan model Problem Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan model kooperatif Think Pair and Share baik berdasarkan hasil tes uraian maupun berdasarkan perhitungan hasil angket disposisi matematis. Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 44,51 % dan secara umum berada pada kategori "sedang'" 0,3 <g< 0,7 berdasarkan perhitungan hasil gain ternormalisasi dengan presentase 76,67 % pada siswa yang memperoleh pembelajaran model Problem Based Learning,dan pada siswa kelas pembelajaran model Think Pair and Share peningkatan kemampuan penalaran pada kategori " sedang" berdasarkan hasil perhitungan gain memiliki persentase 73,33%. Pembelajaran Problem Based Learning terbukti lebih efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan disposisi matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43513.pdf
Uncontrolled Keywords: kemampuan penalaran matematis, disposisi matematis, problem based learning,think pair and share, mathematical reasoning ability, mathematical disposition, problem based learning, think pair and share
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 May 2019 02:17
Last Modified: 23 May 2019 02:17
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8455

Actions (login required)

View Item View Item