Atika, (2018) Sistem Pelayanan Perpustakaan Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Kabupaten Malinau. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43187.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Sistem pelayanan perpustakaan yang diterapkan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Malinau adalah sistem pelayanan terbuka. Berdasarkan Undang Undang Nomor: 43 Tahun 2007 tentang standar pelayanan perpustakaan umum yaitu pelayanan prima yang didalamnya dimuat pelayanan secara terarah, terpadu, dan akurat. Layanan yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Malinau rnenggunakan layanan sistem sirkulasi adalah sistem terbuka dimana pemustaka bebas mencari bahan pustaka sendiri sc sesuai yang dibutuhkan diinginkan pemustaka/ pengunjung, bahan pustaka yang ada di ruangan referensi bisa dipinjam dengan menggunakan kartu anggota perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Malinau.Sistem pelayanan perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Malinau menggunakan fasilitas sarana dan prasarana perpustakaan yang disediakan oleh perpustakaan dcim memberikan layanan yang prima kepada pemustaka. Fasilitas sarana dan prasarana perpustakaan meliputi, gedung atau ruangan, transportasi, dan peralatan komunikasi, dan peraturan perpustakaan. Secara umum, perpustakaan bertujuan untuk memberikan layanan kepada pemustaka/pengunjung untuk meningkatkan pembudayaan kegemaran membaca, serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.Terkait dengan hal tersebut , maka dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada para pengguna jasa, dalam penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh beberapa ahli para ahli salah satunya adalah menurut Pasuraman, dkk dalam Lupiyoach (2006:181) kualitas pelayanan dapat dilihat dari 5 (lima) dimensi sebagai berikut : 1. Tangibles (bukti langsung), 2. Reliability (kehandalan), 3. Responsiveness ( Daya tanggap), 4. Assurance Jaminan), 5.Empathy (Perhatian), metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan spesifik penelitian deskriptif analisis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43187.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Sistem Pelayanan Perpustakaan, System services library |
Subjects: | 000 Generalities > 020-029 Library and Information Science (Perpustakaan dan Ilmu Informasi) 000 Generalities > 020-029 Library and Information Science (Perpustakaan dan Ilmu Informasi) > 020.72 Library Research (Riset Perpustakaan) 000 Generalities > 020-029 Library and Information Science (Perpustakaan dan Ilmu Informasi) > 025 Operations, Archieves, Information Centers (Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi,Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 23 May 2019 06:55 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 03:29 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8465 |
Actions (login required)
View Item |