Rahmiati, Mia (2018) Hubungan Antara Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dan Kompetensi Profesional Guru Dengan Produktivitas Kerja Guru Pns Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Campaka Cianjur. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43524.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis hubungan kepemimpinan visioner kepala sekolah dengan produktivitas kerja guru 2) Menganalisis hubungan kompetensi profesional guru dengan produktivitas kerja guru. 3) Menganalisis hubungan antara kepemimpinan visioner kepala sekolah dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama dengan produktivitas kerja guru. Desain penelitian yang digunakan adalah metode survei yang merupakan metode pengumpulan data dengan membagikan kuesioner dan wawancara dengan responden yang diminta mengisi jawaban atas pertanyaan yang tersedia. Responden dalam penelitian ini adalah guru PNS Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur. Hasil penelitian diketahui bahwa 1) Terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dengan Produktivitas Kerja Guru. Kekuatan hubungan Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah (XI) dengan Produktivitas Kerja Guru (Y) ditunjukkan dengan koefisien korelasi ry1 = 0,954 dan koefisien determinasi ry1= 0,910 artinya bahwa Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah memberikan kontribusi sebesar 91,0% terhadap Produktivitas Kerja Guru. 2) Terdapat hubungan positif dan sangat signifikan Kompetensi Profesional Guru dengan Produktivitas Kerja Guru. Kekuatan hubungan Kompetensi Professional Guru (X2) terhadap Produktivitas Kerja Guru (Y) ditunjukkan dengan koefisien korelasi ry2 = 0,852 dan koefisien determinasi ? y2 = 0, 728 artinya bahwa Kompetensi Profesional Guru memberikan kontribusi sebesar 72,8% terhadap produktivitas Kerja Guru. 3) Terdapat pengaruh positif dan sangat signifikan Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah (X1) dan Kompetensi Profesional Guru (X2) secara bersama-sama terhadap Produktivitas Kerja Guru (Y). Keduanya berjalan seiring yang artinya makin tinggi Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru secara bersama-sama maka makin tinggi pula Produktivitas Kerja Guru. Kadar hubungan keduanya ditunjukkan dengan koefisien korelasi ry12 = 0,963 dan koefisien determinasi ry12 = 0,927 yang berarti bahwa Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru secara bersama-sama mempunyai kontribusi sebesar 92,7% terhadap Produktivitas Kerja Guru.
Actions (login required)
View Item |