Luarwan, Jolanda Novayanty (2018) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUD Kabupaten Teluk Wondama. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43665.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pasien dan keluarga pasien lebih banyak komplain secara lisan kepada perawat yang bertugas di ruangan rawat inap di RSUD Kabupaten Teluk Wondama karena pada saat penanganan pasien rawat inap, masih ada perawat yang terlambat datang kerja, terlalu banyak izin atau bahkan tidak masuk kerja, perawat kadang tidak: ramah kepada pasien rawat inap serta perawat kadang tidak memberikan penjelasan tentang penangan penyakit pasien dan pengobatan kepada pasien rawat inap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan perawat (Keandalan/X1, Ketanggapan/X2, Jaminan/X3 dan Empati/X4) baik secara parsial maupun bersama-sama (simultan) terhadap kepuasan pasien rawat inap (Y) di RSUD Kabupaten Teluk Wondama Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang dimaksudkan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan perawat terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUD Kabupaten Teluk Wondama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang menjalani rawat inap di RSUD Kabupaten Teluk Wondama pada tahun 2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang menjalani rawat inap di RSUD Kabupaten Teluk Wondama mulai dari tanggal 1 sampai dengan 31 Agustus 2017 sebanyak l06 pasien. Prosedur pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi, serta metode analisis data digunakan adalah model analisis regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan perawat (Keandalan, Ketanggapan, Jaminan dan Empati) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUD Kabupaten Teluk Wondama, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi P = 0,000 < 0,05; dan nilai R square masing-masing variabel, yaitu X= 0,288; X2= 0,404; X3 = 0,473; X.= 0,255 dan (2) Kualitas pelayanan perawat (Keandalan, Ketanggapan, Jaminan dan Empati) secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUD Kabupaten Teluk Wondama, yang dibuktikan dengan nilai signifikan P = 0,000 :S 0,05; dan nilai R square sebesar 57,0 %.
Actions (login required)
View Item |